Coba Ini! 8 Minuman Sehat Pereda Stres | Versi Nasional News -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Coba Ini! 8 Minuman Sehat Pereda Stres | Versi Nasional News

, 6/08/2021 10:07:00 PM
Ilustrasi orang stres: portalteater.


Vnn.co.id, Kesehatan
– Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Ini juga dapt terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Situasi tersebut akan terus memicu respon tubuh, baik secara fisik maupun mental. Apabila tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan stres berkepanjangan yang dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh.

Cara-cara mengatasinya biasanya dilakukan dengan berkonsultasi ke psikiolog atau psikiater. Namun sebelum itu, Anda dapat mencoba menanganinya secara mandiri dengan mengkonsumsi minuman sehat yang disuguhkan vnn.co.id di bawah ini:

Jahe

Wedang jahe: detikfood.

Kandungan antioksidan serta senyawa aktif dalam jahe diyakini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif yang disebabkan radikal bebas.

Selain itu, Ahli gizi London Alice Mackintosh menyebutkan kandungan antioksidannya yang kuat, dan gingerol mampu membersihkan bahan kimia berbahaya yang dihasilkan tubuh ketika khawatir, sehingga dapat membantu stres psikologis juga.

Cara terbaik dalam mengolah jahe untuk sistem pencernaan ialah mencampur jahe cincang dengan irisan lemon dan air panas. Minuman tersebut dapat memecah asam lambung saat stres melanda.

Coklat

Coklat hangat: dayyamesin.

Coklat telah lama dikenal sebagai camilan nikmat yang membuat ketagihan. Namun, sadarkah Anda jika coklat dapat menghilangkan stres?

Yupz, makanan satu ini mengandung banyak vitamin dan beberapa mineral serta antioksidan dan flavonoid yang berguna untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker.

Siapa sangka coklat juga mengandung psioaktif yang dapat menyamankan penikmatnya. Selain tiu, kandungan seperti caffein, thebromine, methylxanthine, dan pheynlethylalanine diyakini bisa memperbaiki mood dan mengurangi rasa lelah sehingga dapat digunakan sebagai obat anti-depresi.

Teh hijau

Teh hijau: inews.id

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang mengonsumsi empat cangkir teh hijau setiap hari cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Karena kandungan asam amino L-theanine di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi.

Kandungan serotonin dan dopamine-nya juga dapat membantu melawan kecemasan serta meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Kunyit

Kunyit: watyutink.

Senyawa kurkumin dalam kunyit sering dikaitkan dengan pengobatan kecemasan, depresi, serta masalah kesehatan mental. Selain itu, kurkumin juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamine dalam tubuh yang berfungsi memperbaiki suasana hati.

Susu hangat

Susu hangat: indozone.

Bagi penyuka susu, Anda perlu tahu bahwa kandungan asam amino triptofan di dalamnya sangat berperan dalam proses produksi serotonin, yang berefek menenagkan dan membantu memperbaiki suasana hati. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangatmu.

Air kelapa

Air kelapa: malangvoice.

Selain elektrolit, air kelapa juga mengandung vitamin C, magnesium, serta, kalsium, riboflavin, serat pangan dan mangan. Diketahui, mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, membuat otot lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan memperbaiki kualitas tidur.

Tak kalah juga, manfaat dari kandungan kaliumnya berpengaruh pada tekanan darah serta fungsi jantung Anda.

Minuman buah

Jus buah: detikfood.

Minuman buah, baik jus maupun smoothies, selain segar juga dapat membantu dalam merelaksasi tubuh.

Kandungan vitamin dan mineralnya dapat membantu tubuh mengatasi tekanan dan stres. Antioksidan yang terkandung pun membantu tubuh melawan dan menyembuhkan kerusakan akibat stres dan kecemasan.

Air putih

Air putih: hellosehat.

Selain minuman-minuman yang cenderung berasa di atas, minuman netral seperti air putih juga dapat menghindarkan diri dari stres, lho!

Minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi pada tubuh yang berpotensi mengentalkan darah yang dapat menghambat aliran darah, kemudian memengaruhi kinerja hoemon endorin yang menyebabkan seseorang kehilangan fokus serta mengakibatkan stres dan kecemasan.

Nah, bagaimana, Readers? Boleh dicoba ya saran sehat ala vnn.co.id ....

Red: Mega

TerPopuler

close