Mayat-Mayat Mengambang di Sungai Gangga, Pejabat Senior India Ungkap Pemicunya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Mayat-Mayat Mengambang di Sungai Gangga, Pejabat Senior India Ungkap Pemicunya

, 5/16/2021 11:52:00 AM

 

Penampakan mayat-mayat mengambang di Sungai Gangga sekitar Januari 2015 lalu
(beritasatu.com).

Vnn.co.id, Internasional – Ditemukannya mayat-mayat hanyut di Sungai Gangga beberapa waktu lalu membuat banyak orang tercengang, hingga membuat Polisi India memasang jaring di sepanjang sisi sungai yang diagungkan kesuciannya oleh umat Hindu itu.

Baru-baru ini, pejabat senior India Manoj Kumar Singh mengungkapkan perkiraan penghanyutan jenazah-jenazah itu diakibatkan kemiskinan dan ketakuan warga di daerah terpencil akan Covid-19.

Dilansir detik.com dari memo Reuters, Singh juga mengungkapkan beberapa kemungkinan alasan lonjakan dibuangnya jenazah di Gangga, kurangnya dana untuk membeli bahan-bahan kremasi, seperti kayu bakar. Alasan kepercayaan agama di beberapa komunitas, dan keluarga yang meninggalkan korban Covid-19 sebab takut tertular penyakit.

Ia lalu meminta para pejabat desa untuk memastikan tidak ada lagi jenazah yang dibuang ke air dengan mengatakan bahwa pemerintah negara bagian akan membayar masing-masing keluarga miskin jenazah 5000 rupee (Rp 975 ribu) untuk biaya kremasi atau penguburan jenazah.

Selain itu, polisi juga diminta untuk terus berpatroli guna menghentikan praktik pembuangan jenazah semacam itu.

Beberapa media mengait-ngaitkan jumlah jenazah yang dibuang di Sungai Gangga dan beberapa anak sungai lain dengan pandemi ini. Namun, negara bagian Uttar Pradesh di Utara India belum buka suara mengenai penyebab kematian jenazah-jenazah tersebut.

Diketahui, India mencatat 4000 kasus kematian dan sekitar kasus baru Corona dalam 24 jam terakhir. Lonjakan tersebut menyebabkan penumpukan di krematorium dan melipatgandakan biaya upacara pemakaman.

Red: Mega

TerPopuler

close