Gandeng Pemuda Malaysia dan Brunei, KNPI Serukan Dunia Dukung Kemerdekaan Palestina -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gandeng Pemuda Malaysia dan Brunei, KNPI Serukan Dunia Dukung Kemerdekaan Palestina

, 5/23/2021 08:10:00 PM
Haris Pertama, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).


Vnn.co.id, Jakarta - 
Tentara Israel kembali melakukan serangan di Jalur Gaza, Palestina setelah gencatan senjata yang dimediasi Mesir disepakati dilanggar negara zionis tersebut pada Jumat, 20 Mei 2021.

Menyikapi hal tersebut, organisasi kepemudaan tiga negara, yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Majlis Belia Malaysia (MBM) dan Majlis Belia Brunei (MBB) mengutuk serangan Israel terhadap rakyat Palestina.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia, Haris Pertama meminta pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Brunei untuk berperan aktif mendesak dunia internasional menghentikan kekerasan dan kemerdekaan bagi bangsa Palestina.

Haris juga mengimbau kepada organisasi kepemudaan di seluruh dunia untuk bersatu mengeluarkan sikap bersama terhadap aksi brutal tentara Israel.

“Saya meminta kepada pemuda di seluruh dunia untuk bersatu dan menggalang aksi solidaritas untuk menghentikan kekerasan dan penjajahan di Tanah Palestina,” ujar Haris, Sabtu (22/5/2021).

"KNPI, MBM, dan MBB juga tegas berpendapat peperangan di Jalur Gaza harus segara dihentikan untuk keselamatan penduduk Palestina, terutamanya anak-anak dan wanita yang tidak berdosa," sambungnya.

Dikatakan Haris, KNPI, MBM dan MBB sepakat mengutuk sekeras-kerasnya serangan serangan Zionis Israel yang jelas melukai nilai kemanusiaan dan semata-mata hanya untuk kepentingan politik mereka. Oleh karena itu, hubungan yang terjalin baik antara KNPI, MBM dan MBB dapat dilanjutkan ke pemerintah ketiga belah pihak.

“KNPI MBM dan MBB meminta PBB menghentikan kekerasan yang terus terjadi terhadap rakyat Palestina dan membebaskan bangsa Palestina dari penjajahan Isarel,” ujar Haris.

Sementara itu, Presiden Majlis Belia Malaysia (MBM), Jufitri Joha mengatakan, ketiga organisasi berharap pemerintah Indonesia, Malaysia dan Brunei memainkan peranan utama membela perjuangan rakyat Palestina yang tertindas zionis Israel.

“Kami menyeru belia dan pemuda di ketiga negara terus memainkan peranan dan kapasitasnya untuk menghentikan kekerasan dan memberikan semangat solidaritasnya kepada rakyat Palestina,” ujar Jufitri.

“KNP, MBM dan MBB akan memperkukuhkan kerja sama serumpun ini bagi mendukong usaha kedua-dua Kerajaan bagi tujuan ini,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Yang Di-Pertua Majlis Belia Brunei (MBB), YB Khairunnisa Ash’ari. Menurutnya, tiga organisasi kepemudaan tiga negara tersebut dapat menjadi pemersatu organisasi kepemudaan lainnya di dunia internasional.

“Sesungguhnya, isu Palestina menjadi faktor pemersatu pemuda di ketiga negara dalam memperkuat kerja sama dalam berbagai kesempatan lainnya,” tandas Khairunnisa.

Sebelumya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, Presiden Jokowi sudah menyampaikan sikap pemerintah Indonesia terkait konflik Palestina-Israel. Jokowi mengutuk keras tindakan kekerasan terhadap warga Palestina. Jokowi, kata dia, juga mengutuk tindakan pengusiran paksa warga Palestina di Sheikh Jarrah.

Penulis: Suci Al Kampari

Editor: Mega

TerPopuler

close