Pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Bekasi Diduga Langgar Prokes, Sekda dan Jubir Gugus Tugas Silang Pendapat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Bekasi Diduga Langgar Prokes, Sekda dan Jubir Gugus Tugas Silang Pendapat

, 3/12/2021 05:34:00 PM

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Selasa (2/3/21) (VNN/Ahim)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada hari Selasa, 2 Maret 2021 untuk ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai Istansi Pemerintah di Kabupaten Bekasi yang ditempatkan di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diduga langgar Protokol Kesehatan.

Menanggapi itu, Seketaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju, mengatakan bahwa saat Vaksinasi yang berlangsung tersebut dirinya tidak mengetahui ada kerumunan dan menanyakannya ke Dinas Kesehatan.

“Emang ada kerumunan, saya nggak tau, coba tanya Dinkes,” kata Uju usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Diskominfo, Rabu (10/3/2021). 

Kendati demikian jika memang ada kerumunan disaat pelaksanaan Vaksinasi, Uju menyayangkan seharusnya itu tidak terjadi. Menurutnya, Vaksinasi itu adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Mestinya pada saat pelaksanaan vaksinasi itu dijaga betul, diterapkan betul Protokol Kesehatannya, kalau kemaren terjadi seperti itu, kedepannya agar tidak terulang kembali," pungkas Uju.



Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dokter Alamsyah saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada hari Selasa 2 Maret 2021,  apakah hal itu melanggar protokol kesehatan atau tidak?

"Apakah harus kami bubarkan?," ujar Alamsyah menjawab pesan singkat WhastApp wartawan vnn.co.id.

Alamsyah berdalih bahwa kerumunan tidak berlangsung lama karena sudah diurai dan sudah secara persuasif aparat Polri dilokasi.

Sebelumnya diberitakan, ribuan Aparatur Sipil Negera (ASN) dari berbagai Instansi Pemerintah dari pagi hinga siang hari mengantri untuk Vaksinasi Covid-19 dihari kedua tersebut yang sudah berlangsung sejak kemarin Senin.

Sayangnya, pantauan wartawan vnn.co.id, Selasa (02/03/2021) pagi hingga siang dan sore dilokasi Pelaksaan Vaksinasi Covid-19 distadion Wibawa Mukti tidak adanya menjaga jaga jarak sesuai anjuran protokol kesehatan.

Padahal dalam kartu Vaksinasi Covid-19 yang bertuliskan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) 3M untuk menjaga diri dan keluarga.

"Memakai Masker dengan baik dan benar menutup hidung dan mulut. Mencuci Tangan pakai sabun dan bilas dengan air mengalir. Menjaga Jarak Fisik 1-2 meter dengan orang sekitar", tulis dalam kertas kartu Vaksinasi Covid-19.

Hal itu justru bertolak belakang dan tidak berlaku saat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di stadion Wibawa Mukti karena dalam pantauan wartawan dilokasi tidak adanya Mencuci Tangan dengan sabun dan Menjaga Jarak Fisik 1-2 Meter dengan orang sekitar.




Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close