[Fact or Fake]: Mengaku sebagai Pegawai Indomaret, Waspada Modus Penipuan Baru -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

[Fact or Fake]: Mengaku sebagai Pegawai Indomaret, Waspada Modus Penipuan Baru

, 3/06/2021 04:29:00 PM

 

Akun Instagram Ahmad Fahmi.

Vnn.co.id, Media Cyber – Sebuah modus penipuan baru diungkap oleh akun Instagram milik Fahim AhmadTM yang membeberkan pelaku penipuan dengan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang karyawan Indomaret.

Ada empat slide yang ditampilkan pemilik akun @fah1m_ahmad tersebut, yakni sebuah peringatan agar menyebarkan informasi yang akan ia sampaikan ke orang lain sebagai suatu pencegahan terjadinya hal tersebut pada slide pertama.

Pada slide kedua, tampak sebuah screenshoot pemilik nomor WhatsApp (korban) yang mendapatkan pesan dari orang yang mengaku dirinya sebagai pegawai Indomaret bahwa ia (pelaku) salah mengirimkan kode input voucher game milik customer-nya kepada korban, sehingga ia (pelaku) meminta korban mengirimkan kode tersebut, sebagaimana terlihat pada slide ketiga dan keempat.

Setelah korban mengirmkan kode tersebut, maka yang terjadi selanjutnya ialah otomatis nomor WhatsApp korban diambil alih oleh pelaku penipuan tersebut. Dampaknya, kemungkinan besar nomor Si Korban digunakan untuk melakukan kejahatan penipuan yang lain.

Investor Aksara Room itu juga memaparkan cara kerja penipuan sebagaimana yang dilakukan penipu di atas, yaitu dengan mengakses WhatsApp dengan nomor korban dari tempat lain. Namun, di sini pelaku memerlukan bantuan tersamar dari korban dengan mengirimkan kode yang sebelumnya telah dikirim oleh pelaku kepada korban.

“Di sini, WA pun memberikan sebuah nomor rahasia ke hp nomor WA asli kita, untuk mengetahui apakah yang mengakses barusan kita yang asli atau bukan. Namanya kode OTP, selagi kita tidak memberikan nomor itu ke penipu gak masalah.” Begitu tulis Fahim Ahmad pada akun Instagramnya, Sabtu (6/3/21).

Kelihaian Sang Penipu, kata Fahim, ialah dengan menghubungi nomor WhatsApp korbannya dengan menyamar sebagai salah satu pegawai Indomaret, lalu meminta korban mengirimkan kode OTP yang masuk sebelumnya. Dengan begitu, penipu akan langsung mengambil alih nomor WhatsApp Si Korban.

Di situ, ia juga mengungkapkan bahwa temannya telah menjadi korban, dan paman dari teman itu sendiri juga menjadi korban pemerasan dari nomor WhatsApp yang disadap.

Red: Mega

TerPopuler

close