Kini Pukul :

Mencetak Sejarah, Wanita Transgender Ini Dinobatkan sebagai Wakil Menkes AS

Rachel Levine, wanita transgender yang dinobatkan sebagai akil Menteri Kesehatan AS.

Vnn.co.id, Internasional – Pertama kali dalam sejarah Amerika Serikat (AS), Senat menobatkan wanita transgender, Rachel Levine menduduki jabatan krusial sebagai Wakil Menteri Kesehatan.

Sebelum dicalonkan Joe Biden pada posisi tersebut, Dokter penyakit anak itu menjabat sebagai pemimpin di Departemen Kesehatan Pennysylvania. Keputusan Joe Biden tersebut dinilai kontras dengan kebijakan presiden sebelumnya, Donald Trump, yang dikenal diskriminatif.

Sebagaimana dilansir AFP, Rachel Levine disahkan dalam voting Senat dengan perbandingan suara 52 setuju dan 48 menolak. Dua anggota dari Partai Republik bergabung dengan semua anggota dari Demokrat untuk mendukung Profesor Pediatri dan Psikiatri di Penn State College of Medicine itu.

Taransgender berusia 63 tahun itu akan menjadi bagian  dari tim yang memimpin penanganan pandemi Covid-19 yang menyebabkan kematian lebih dari 545.000 orang di AS.

“Dr. Levine menjadi orang Amerika transgender pertama yang mendapat konfirmasi dari Senat adalah momen penting dalam sejarah AS,” ujar Matt Hill, juru bicara Gedung Putih pada akun Twitternya, Kamis (25/3/21).

“Sebuah pemerintahan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat–untuk semua orang,” cuitnya.

Red: Mega