Lebih Pentingkan Kesejahteraan Masyarakat, 12 Tahun Jadi Kades Hanya Tinggal di Rumah Dinas -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Lebih Pentingkan Kesejahteraan Masyarakat, 12 Tahun Jadi Kades Hanya Tinggal di Rumah Dinas

, 3/26/2021 02:39:00 PM

 

Fathur Rokhman saat akan berangkat dari rumah dinasnya ke Balai Desa Sukorejo
(Foto:Bangsaonline
),

Vnn.co.id, Gresik – Kebanggaan profesi bukan karena materi, tetapi seberapa banyak bisa mengabdi. Begitulah tutur Presenter kondang Najwa Shihab yang tercermin pada seorang pejabat pemerintah desa satu ini.

Sebut saja Fathur Rokhman. Kepala Desa (Kades) Sukorejo Kecamatan Kebomas itu memimpin pemerintahan desa (pemdes) di ujung Kabupaten Gresik yang berbatasan dengan wilayah Surabaya selama 2 periode (12 tahun), mulai tahun 2008 sampai sekarang.

Selama 2 tahun itu pula, dirinya dan keluarganya hanya tinggal di rumah dinas yang terbilang sederhana di sebuah gang kecil.

Desa yang dipimpinnya itu, yakni Desa Sukorejo, berhasil meraih sejumlah prestasi. Baru-baru ini, menjadi juara Kampung Tangguh Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahun 2021.

“Saya bukan dan tak pernah minta dikasihani, loh ya. Selama ini saya memang tinggalnya di rumah dinas kepala desa di dekat sana,” ujar Fathur sembari menunjuk jalan pintas selebar 1 meter di antara tembok rumah warga.

Meskipun desa yang dipimpinnya itu merupakan hasil relokasi dari kelurahan dekat Pelabuhan Gresik di Kecamatan Gresik, dan akses masuknya pun hanya ada satu, Fathur berhasil mendatangkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen Suharyanto ke Balai Desa Sukorejo terkait PPKM.

Desa Sukorejo sendiri letaknya berdekatan dengan Kali Lamong, yang akan meluap setiap musim hujan tiba. Tak ada hamparan sawah, sebab mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

“Saya selama menjabat kepala desa dibayar hanya untuk mengabdi saja. Berapa, sih gaji kepa desa? Saya menggunakan gaji resmi sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku,” kata Fathur, Jumat (26/3/21).

Fathur mengaku, jabatan kades itu adalah amanah dan ia menjalankannya sesuai aturan yang ada dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat.

Terpisah, Anggoro (28) salah satu warga mengamini bahwa selama menjabat sebagai kades, Fathur masih tinggal di rumah dinas. “Iya, sampai sekarang masih mendiami rumah dinas, padahal sudah lama mengabdi jadi kades,” tukasnya takjub.

Red: Mega

TerPopuler

close