Kilang Minyak Pertamina Balongan di Indramayu Kebakaran -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kilang Minyak Pertamina Balongan di Indramayu Kebakaran

, 3/29/2021 02:28:00 PM

Kilang minyam Pertamina VI Balongan yang terbakar (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Indramayu - Kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami kebakaran dan menimbulkan ledakan hebat pada Senin (29/3/21). 

Peristiwa kebakaran di objek vital nasional itu diketahui terjadi pukul 01.00 WIB dini hari, bersamaan dengan turunnya hujan deras disertai petir. Terdengar ledakan yang sangat keras, bahkan terdengar hingga radius 10 kilometer.

Seketika langit Balongan menjadi terang akibat luapan api yang sangat besar. Warga berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat aman, dikhawatirkan ada ledakan susulan atau luapan api yang menjalar ke permukiman warga.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah memerintahkan jajarannya serta pihak terkait untuk melakukan proses evakuasi warga ke tempat yang aman dan memastikan pasokan kebutuhan para pengungsi tetap terpenuhi.

"Untuk keselamatan warga. Kami perintahkan agar evakuasi terus dilakukan, memindahkan warga ke tempat yang aman, memastikan kebutuhannya terpenuhi dan tetap aman dari penularan Covid-19. BPBD Provinsi telah turun ke lapangan dan berkoordinasi untuk bantuan. Keselamatan warga adalah yang utama," kata Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat itu melalui keterangan di akun instagram @ridwankamil.

Hingga kini, tercatat sebanyak 5 orang mengalami luka berat, dan 15 orang luka ringan yang kini masih dalam penanganan di RS Pertamina dan Rumah Sakit terdekat lainnya.

Pertamina telah melakukan shutdown dan pengendalian agar kebakaran tidak meluas. Pihak Pertamina pun memastikan bahwa pasokan BBM aman. Warga diminta agar tidak panik.



Jurnalis : Febyyan
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close