Gunung Merapi Kembali Menampakkan Aktivitas Vulkanik -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gunung Merapi Kembali Menampakkan Aktivitas Vulkanik

, 3/30/2021 01:32:00 PM

Awan panas Gunung Merapi (30/3/21) (foto : dok BPPTKG)


Vnn.co.id, Sleman - Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali menampakkan aktivitas vulkanik, dengan mengeluarkan awan panas guguran sejauh jarak 1.500 meter ke arah barat daya. Pada Selasa (30/3/2021) pagi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, berdasarkan catatan di seismogram, awan panas guguran ini berlangsung selama 135 detik. "Jarak luncur kurang lebih 1.500 meter ke arah barat daya. Angin bertiup ke utara," kata Hanik dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan laporan aktivitas per 6 jam mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini terpantau belasan kali guguran lava pijar.
"Teramati 19 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter ke arah barat daya," jelas Hanik.

Sementara untuk gempa, BPPTKG mencatat gempa guguran sebanyak 50 kali, hembusan 1 kali, dan 2 kali gempa fase banyak. Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status aktivitas Gunung Merapi di level III atau Siaga sejak 5 November 2020.

Potensi bahaya yang ditimbulkan saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Masyarakat juga diimbau agar tidak melakukan aktivitas apapun di daerah yang berpotensi bahaya. Masyarakat harus mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.



Jurnalis : Qolbi
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close