Cek Kesiapan, Kodim 1205/Sintang Ikuti Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Cegah Karhutla -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cek Kesiapan, Kodim 1205/Sintang Ikuti Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Cegah Karhutla

, 3/10/2021 03:27:00 PM

Apel Kesiapsiagaan Karhutla tahun 2021 (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Sintang - Anggota Kodim 1205/Sintang mengikuti Apel dalam rangka Kesiap siagaan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 yang digelar di lapangan bola Makodim 1205/Sintang, Jalan Pembangunan, Sintang pada Rabu (10/03/2021). 

Pada apel tersebut, bertindak sebagai Inspektur Apel, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, dan dihadiri juga Sekda Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Sintang. 

Dalam amanatnya, Ispektur Apel, Sudiyanto, mengatakan melalui kesempatan ini, beliau ingin penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sintang tahun 2021 tertangani.



"Pada hari ini dalam rangka mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sintang, perlu melibatkan masyarakat secara menyeluruh termasuk pihak perusahaan dan masyarakat bersama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan instansi terkait agar dapat saling bahu-membahu dalam rangka mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Dikatakan Sudiyanto, akan segera dibentuk posko siaga karhutla di setiap Kecamatan dan Desa termasuk Kelurahan. Hal ini dimaksud untuk melaksanakan kegiatan pencegahan dengan melakukan penyuluhan ke rumah-rumah penduduk kemudian melaksanakan patroli terpadu. Selain itu, satgas Karhutla juga akan mengecek daerah-daerah yang potensial terjadinya kebakaran kepada dinas dan instansi terkait.


Simulasi Karhutla (foto : istimewa)


"Laksanakan pendidikan non-formal kepada masyarakat hingga lapisan masyarakat pedalaman tentang tata cara membuka lahan tanpa membakar dan dengan cara membakar secara terbatas dan terkendali sebagaimana telah diatur dalam peraturan Bupati Sintang nomor 18 dan 31 tahun 2020 secara maksimal," jelasnya.

Upaya imbauan ajakan melalui media tatap muka, media cetak dan elektronik serta media sosial, media tradisional dan media dakwah lingkungan hidup, juga dikatakan sangat perlu. 

Setelah kegiatan Apel gelar pasukan dan perlengkapan selesai, dilanjutkan dengan simulasi pemadaman Karhutla oleh Satgas Karhutla Kabupaten Sintang.



Sumber : Pendim1205/sintang
Jurnalis : Muhammad Sandi
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close