Amphibi Lakukan Kordinasi Sukseskan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 dan Hari Air Sedunia -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Amphibi Lakukan Kordinasi Sukseskan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 dan Hari Air Sedunia

, 3/18/2021 10:59:00 AM

Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Komitmen dalam memperingati Hari Besar Lingkungan Hidup yang di gaungkan Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) tiada hentinya dilakukan.

Kali ini ada 2 hari besar lingkungan hidup. Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dan Hari Air Se-Dunia XXIX yang diperingati Amphibi di Sumatera Utara dengan Aksi Bersih Sungai Deli dan Penanaman Pohon Produktif, Amphibi Sumatera Barat bersama Amphibi Tanah Datar dengan Aksi Bersih Sungai serta penghijauan di aliran sungai di ke Nagarian Andaleh Baruh Bukit serta Amphibi Kabupaten Pati Jawa Tengah dengan Aksi Penanaman Pohon dan Bersih Sungai di Tretes.

Untuk mensukseskan acara tersebut, DPP Amphibi menginstruksikan untuk melakukan koordinasi ke berbagai instansi pemerintah maupun swasta. 

Dengan didampingi Duta Lingkungan Hidup Amphibi Rio Reifan, DPP Amphibi melakukan rapat koordinasi bersama Ditjen PPKL KLHK yang dilaksanakan di ruangan Kalpataru gedung KLHK lantai 2 Kebon Nanas, Jakarta Timur, pada Selasa (16/03/2021).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Ketua Umum Amphibi Agus Salim Tanjung, Dewan Pembina Amphibi Timur Kiemas, Artis Sinetron Rio Reifan, Diajeng W, Ryan dan Wily Nurwahyudi. 

Kehadiran pengurus DPP Amphibi diterima Kasubdit PPA Ditjen PPKL KLHK Nety dan staffnya Timbul, yang mewakili Direktur PPA dan Dirjen PPKL yang sedang ada acara di Gunung Batu, Bogor.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Agus salim Tanjung menyinggung tentang kelanjutan kerjasama dengan Ditjen PPKL terkait Aksi Bersih Sungai Deli. 

Dirinya menyampaikan terkait tindak lanjut rencana Pembuatan Ekoriparian dan Perahu Karet untuk Patroli Sungai yang telah direncanakan pada tahun 2020 lalu. 

"Kami berharap pak Dirjen PPKL bisa hadir dalam acara tersebut sekaligus menyerahkan mesin dan perahu karet dan survey lokasi untuk pembuatan Ekoriparian," ucap A.S. Tanjung.

Menyikapi hal tersebut, Nety selaku Kasubdit yang menangani Program Ekoriparian menyatakan bahwa program Ekoriparian memang sedang digalakkan KLHK di seluruh Indonesia. "Mudah-mudahan tahun ini bisa kita laksanakan di Medan, Sumatera Utara," kata Nety.

Sementara dari Medan Sumatera Utara, Ketua Amphibi Sumut M. Nur Nainggolan menyatakan, bahwa persiapan Aksi Bersih Sungai Deli dalam rangkaian Hari Air Dunia XXIX dan HPSN 2021 saat ini sedang dilakukan pemasangan Kubus Apung bantuan dari BWS Sumatera II. 

"Kami juga sedang melakukan koordinasi dengan BWS Sumatera II dan pemerintah Provinsi Sumut, Kabupaten Karo, Deli Serdang dan Kota Medan serta para pelaku usaha untuk mensukseskan Aksi Lingkungan yang pertama kali dilakukan di Sungai Deli dan Sumatera Utara oleh Lembaga Amphibi," ungkap M. Nur.

"Semoga dengan adanya aksi Bersih Sampah di Sungai Deli nanti, bisa menutup citra buruk Kota Medan sebagai Kota terkotor (terjorok) menjadi Kota yang bersih menuju Adipura," tutup M. Nur. 



Jurnalis : Dwi
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close