Alumni UK Petra Ini Sabet Gold Winner Asia Young Designer Award -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Alumni UK Petra Ini Sabet Gold Winner Asia Young Designer Award

, 2/17/2021 09:32:00 PM

Alumni UK Petra yang sabet Gold Winner Asia Young Designer Award yang diselenggarakan Nippon Paint/


Vnn.co.id, Surabaya –
Nama Indonesia kembali diharumkan oleh anak bangsanya, Marietta Stefani, alumni Prodi Arsitektur angkatan 2016 yang berhasil meraih Gold Winner dan mewakili negerinya di tingkat Asia kategori Arsitektur.

Kompetisi tersebut ialah Asia Young Designer Award (AYDA) 2020/2021 yang digelar secara daring oleh Nippon Paint ini merupakan kompetisi desain bergengsi tingkat Asia. AYDA kali ini pun mengangkat tema "Human-Centered Design".

Marietta menceritakan bahwa ide rancangannya untuk kompetisi ini berawal saat mengunjungi galeri seni dan terdapat aturan tertulis “dilarang menyentuh”. Lalu muncullah pemikiran dalam benaknya, “Bagaimana jika kita tidak dapat melihat? Bagaimana dengan tuna netra? Mereka, kan hanya bisa merasakan sesuatu dengan cara menyentuh.”

Dari sinilah gadis yang kini kerja di biro Arsitek itu membuat karya bertajuk Non-Visual Art Gallery. Sebuah galeri seni yang memberikan kesempatan baru, khususnya bagi tunanetra untuk dapat menikmati karya seni menggunakan pengalaman multisensori, yaitu telinga, hidung, dan perabaan. Agar memungkinkan adanya pengalaman yang setara antara tunanetra dan awas (normal).

Dalam desain rancangan ini akan memberikan pengalaman baru yang berbeda dengan galeri pada umumnya, dimana disini galeri di desain menggunakan bidang-bidang yang disusun ber layer menyerupai labirin sebagai pengarah bagi tunanetra. Meredupkan elemen arsitektur yang memanjakan mata, untuk memperkuat stimuli indera lainnya.

Ia berharap, desain ini dapat memicu para seniman untuk menciptakan karya seni yang inklusif. Sehingga karya seni yang ada dibangunan ini dapat memberikan pengalaman multisensori.

“Misalnya ada lukisan atau patung menggambarkan hutan. Lukisan bisa dibuat timbull dan ditambah bau-bauan hutan agar semakin memperjellas lukisan itu. Sehingga lukisan ini menjelaskan tekstur, bau-bauan bahkan bunyi-bunyian,” jelas Marietta.

Untuk mendukung konsep non-visual, bangunan sengaja tidak menggunakan lampu untuk menerangi karya seni. Namun memaksimalkan pencahayaan alami undirect sunlight melalui skylight dan dinding yang disusun berlayer yang sekaligus membantu tunanetra dalam berorientasi.

Marietta juga melakukan pendekatan-pendekatan perilaku senses as perceptual system di mana indera manusia memberikan peran penting dalam membentuk persepsi ruang dan pendalaman karakter pada ruang-ruangnya.

Tak heran jika ia akan mewakili Indonesia di tingkat Asia untuk kategori Arsitektur, sebab rancangannya terbilang unik. Marietta akan bertanding dengan 15 negara di Asia, yaitu Bangladesh, Cina, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Singapura, Sri Langka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

“Bersyukur bisa melewati kompetisi level nasional dan bisa mewakili Indonesia di tingkat Asia. Kompetisi yang dilaksanakan secara online ini melewati berbagai tahap mulai semi final, coaching session, mentoring dan babak final.” ungkapnya.

Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur, wawancara dan observasi langsung ke SMPLB-YPAB. Sehingga proyek ini memungkinkan jika diwujudnyatakan di kota Surabaya. Kompetisi level nasional, mahasiswi Surabaya tersebut berhak atas piala gold, uang tunai 20 juta serta ditambah kesempatan magang di perusahaan salah satu juri. Kini gadis itu sedang mempersiapkan kompetisi itu dengan lebih matang.

Selain Marietta, dua Petranesian lainnya juga berhasil memenangkan juara di kompetisi yang sama, yakni Tan Stanisia Finley Buwono yang meraih Bronze winner dan Alumni choice award. Ia berhak atas piala Bronze, uang tunai 10 juta ditambah 5 juta dari alumni choice award serta kesempatan magang di perusahaan salah satu juri. Sedangkan Celine Betharina memperoleh honorary mention.

Red: Mega

 

TerPopuler

close