Update Berita Sriwijaya Air, Basarnas: Pencarian Gunakan Tiga Metode -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Update Berita Sriwijaya Air, Basarnas: Pencarian Gunakan Tiga Metode

, 1/10/2021 02:55:00 PM

Pencarian pesawat Sriwijaya Air, Ahad (10/1/21).

Vnn.co.id, Jakarta - Kabar atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air kemarin, Sabtu (9/1/21), membawa duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya keluarga para korban. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan bersama Panglima TNI, Dirut Jasa Rharja, dan Dirjen Perhubungan Udara sampaikan keturut berdukacitaan atas musibah tersebut saat tinjau lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan menggunakan kapal KRI John Lie milik TNI, Ahad (10/1/21).

Sekali lagi kami sampaikan duka mendalam atas terjadinya musibah ini. Pak Presiden telah menginstruksikan kami untuk melakukan upaya pencarian secara maksimal dan hari ini kami bersama stakeholder Basarnas, KNKT, TNI, Polri, dan lainnya akan melihat lokasi ditemukannya serpihan pesawat,” ucap Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok pada Ahad (10/1).

Ia mengatakan, komando pencarian dan pertolongan (Search and rescue) adalah Basarnas yang didukung oleh instansi terkait, seperti TNI, Polri, KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, dan lainnya. Ia juga menuturkan bahwa Basarnas akan menginformasikan perkembangan secara berkala mengenai kondisi terkini pencarian dan pertolongan yang dilakukan.

Bagus Puruhito, Kepala Basarnas menyampaikan, pihaknya melakukan tiga metode pencarian, yaitu melalui udara dengan menggunakan helikopter, pencarian laut dengan kapal, dan pencarian bawah laut menggunakan kapal yang memiliki alat pendeteksi bawah laut.

Sementara, Hadi Tjahjono, Panglima TNI Marsekal mengatakan bahwa TNI mendukung upaya pencarian dan pertolonga di bawah komando Basranas dengan mengerahkan sejumlah pesawat, helikopter, helikopter, dan kapal. Selain itu, TNI juga menerjunkan tim penyelam dari Kopaska.

Red: Mega

TerPopuler

close