Diduga Niat Tersembunyi Israel, Survei Tiga Dimensi Masjid Al Aqsa oleh Kelompok Tak Dikenal -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Diduga Niat Tersembunyi Israel, Survei Tiga Dimensi Masjid Al Aqsa oleh Kelompok Tak Dikenal

, 1/15/2021 09:11:00 PM

Masjid Al Aqsa (Foto: Wikipedia).

Vnn.co.id, Internasional - Sekelompok orang melakukan aktivitas survei tiga dimensi (3D) terhadap Masjid Al Aqsa dan komplek sekitarnya. Hal ini diungkapkan oleh Departemen Waqf Islam Yerussalem, departemen yang bertanggung jawab atas tempat-tempat suci umat Islam itu menduga terdapat niat tersembunyi Israel di balik kegiatan itu.

Sebagaimana dikatakan, otoritas pendudukan Israel mengizinkan kelompok tak dikenal yang mengaku dari perusahaan asing untuk menyurvei tiga dimensi serta pencitraan halaman Masjid dengan peralatan pemindai dan canggih.

Otoritas pendudukan Isrel, sebagaimana dijelaskan Departemen Waqf, bekerja siang-malam di sekitar Masjid Al Aqsa, terutama di Istana Umayyah dan melakukan penggalian di bawah masjid dalam upaya mengubah menjadi situs Yahudi.

Depeatemen itu pun mengimbau otoritas pendudukan untuk tidak melakukan tindakan provokasi krisis dan mengarang insiden di Masjid Al Aqsa yang dapat meicu pemukim Yahudi untuk melanggar kesuciannya.

Semua kompleks Masjid Al Aqsa yang bertembok pekarangan, masjid dan jalan setapaknya, baik di atas maupun di bawah tanah merupakan situs Islam dan tak akan dibagi dengan pihak lain.

Sebelumnya, Israel telah melakukan penggalian di dekat Dinding Buraq di kompleks Masjid Al-Aqsa yang memicu kemarahan Pemerintah Yordania. Kementerian Luar Negeri Yordania pada pekan lalu mengatakan tindakan penggalian itu sebagai pelanggaran terbaru terhadap Masjid Al-Aqsa.

"Dinding (Buraq) itu adalah bagian dari kompleks Masjid Al-Aqsa," kata 
Daifallah Fayez, juru bicara kementerian itu, 

Dia menegaskan bahwa Yordania menolak semua tindakan sepihak Israel di Yerusalem Timur yang diduduki, termasuk Kota Tua Yerussalem dan Masjid Al Aqsa.

Red: Mega

TerPopuler

close