Dampingi Pembuatan Pupuk Organik, Dandim Sintang Ajak Anggota Aplikasikan Ilmu Bagi Masyarakat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Dampingi Pembuatan Pupuk Organik, Dandim Sintang Ajak Anggota Aplikasikan Ilmu Bagi Masyarakat

, 1/17/2021 08:18:00 PM

Anggota Kodim Sintang bersama penyuluh pertanian Kabupaten Sintangaplikasilan ilmu pembuatan pupuk terhadap masyarakat, Jumat (15/1/21)
(Foto: Pendim 1205/Stg)

Vnn.co.id, Sintang - Anggota Kodim 1205/Sintang bersama penyuluh pertanian Kabupaten Sintang membuat pupuk organik di demplot pertanian Kodim Sintang yang berlokasi di Eks Lapter Susilo Sintang pada Jumat (15/01/21).

Disampaikan oleh Ibu Rusriwati yang merupakan penyuluh, bahwa kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk mengatasi ekonomi petani mengingat harga pupuk sangat tinggi dan pembuatan pupuk ini sangat mudah.


Dilanjutkan oleh Bapak Rismanto yang juga penyuluh pertanian, beberapa pupuk yang dibuat adalah

  1. POC, yaitu pupuk organik cair
  2. ECO emzyme
  3. Bichar
  4. Pestisida nabati
Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em-4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya selama seminggu baru bisa kita gunakan.

"Pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran-sayuran dan lain-lain dan sangat menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah," ujar Pak Rismanto.


Pada kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Komandan Kodim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Eko Bintara Saktiawan. Dalam kesempatan tersebut, Dandim Sintang menyampaikan kepada anggota yang terlibat dalam pembuatan pupuk tersebut agar mengajak masyarakat untuk memanfaatkan alam sekitar dengan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari penyuluh.

"Mari kita aplikasikan ilmu yang didapat dan supaya berguna bagi diri kita sendiri serta warga masyarakat," ucapnya.

Hal itu dimaksud sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat di tempatnya bertugas.

Jurnalis: Muhammad Sandi

Editor: Mega 

TerPopuler

close