20 Dusun di Kabupaten Landak Dihantam Banjir, Warga Mengungsi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

20 Dusun di Kabupaten Landak Dihantam Banjir, Warga Mengungsi

, 1/16/2021 01:33:00 PM

Banjir yang melanda 20 dusun di 10 desa Kecamatan Ngabang, Landak mulai Rabu (13/1/21) hingga Jumat (16/1/21)
(Foto: Muhammad Sandi/vnn).

Vnn.co.id, Landak - Curah hujan yang cukup tinggi intensitasnya, membuat banjir melanda. Seperti banjir di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat kini meluas. Sebanyak 20 puluh dusun yang berada di 10 desa di Kecamatan Ngabang terendam air.

Melansir dari kalbar.inews.id, Camat Ngabang Nomemsen mengatakan bahwa curah hujan yang lumayan deras pada malam Jumat kemarin, membuat wilayah Kecamatan Ngabang yang ia pimpin di terjang banjir. "Hujan yang terjadi tadi malam luar biasa cepatnya naik air," ungkap Camat Ngabang Nomensen pada Jumat kemarin (15/1/2021).

Dikatakan olehnya, banjir mulai terjadi sejak Rabu  (13/1/2021) lalu dan terus meninggi hingga Jumat pagi. Hal itu diungkap akibat hujan deras yang terus terjadi di wilayah tersebut. "Akibat hujan deras juga menyebabkan debit air di sungai meluap," jelasnya.


Ia menambahkan, sejumlah warga juga mulai mengungsi karena ketinggian air makin bertambah. Untuk itu, pihak Kecamatan Ngabang menyiapkan posko pengungsian di aula kecamatan untuk menampung warga yang mengungsi dan menyediakan fasilitas kesehatan. "Saat ini, kita pantau terus aliran air sungai. Kita berharap mudah-mudahan jangan sampai hujan lagi hari ke depan. Dan sepertinya air ini belum juga surut," terangnya.


Beliau juga berharap agar pemerintah Kabupaten Landak segera menyalurkan bantuan untuk korban banjir.

Dikatakan bahwa pihak Kecamatan Ngabang sudah berkordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial Pemkab Landak.*

Jurnalis: Muhammad Sandi

Editor: Mega 

TerPopuler

close