Tiga Desa BPD Kecamatan Karang Bahagia Lakukan Kegiatan Peningkatan Kapasitas -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tiga Desa BPD Kecamatan Karang Bahagia Lakukan Kegiatan Peningkatan Kapasitas

, 12/10/2020 09:50:00 AM
Suasana Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tiga Desa Kecamatan Karang Bahagia
Sumber: Versi Nasional News/Ahim

Vnn.co.id, Kabupaten Subang - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukaraya, Desa Karang Satu, serta Desa Karang Bahagia yang semuanya di bawah naungan Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi melakukan Kegiatan Peningkatan Kapasitas di Sari Ater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, terhitung dari Rabu (9/12/2020) sampai Kamis (10/12/2020). Adapun tema yang diangkat dalam acara tersebut ialah pelatihan tentang Proses Pembuatan Peraturan Desa (Perdes) dan Pemahaman Penyusunan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Pembukaan kegiatan yang diselenggarakan di Sari Ater tersebut dihadiri oleh Dedi Rustandi selaku perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Kepala Desa Sukaraya Dano Sumarno, Ketua Forum BPD Kecamatan Karang Bahagia Uya Sulaeman, dan Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi H. Karno. Sementara Camat Karang Bahagia, yakni H. Karnadi berhalangan hadir karena sedang melakukan pengawasan di Desa Karang Rahayu yang beberapa hari lagi akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Suasana Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tiga Desa Kecamatan Karang Bahagia
Sumber: Versi Nasional News/Ahim

Ketua panitia pelaksana kegiatan yang juga merupakan ketua BPD Sukaraya Isnaeni mengakui bahwa terdapat minimnya pengetahuan akan BPD dalam informasi terkait Siskeudes. Isnaeni berharap semoga seluruh peserta kegiatan bisa mengikuti rangkaian acara, sehingga bisa menerapkan pengetahuan yang didapatkan untuk diterapkan di desanya masing-masing.

Isnaeni juga mengatakan kegiatan ini bersumber dari Anggaran Desa melalui Apbedes masing-masing desa yang sebagai mana diatur oleh undang-undang.

Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi H. Karno menuturkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sesuai amanah regulasi untuk peningkatan kapasitas BPD setiap tahunnya.

"Setelah acara ini, semoga semangat dan spirit-nya tanggung jawab moralnya, tanggung jawab dalam kinerjanya, dan semua bertambah semangat agar jabatan BPD bisa dijalankan dengan baik," tuturnya.

H. Karno mengakui bahwa BPD di Kabupaten Bekasi belum maksimal, namun dirinya berusaha agar selalu sesuai dengan aturan serta tugas pokok dan fungi (tupoksi) dirinya selaku Ketua Forum BPD.

Dirinya juga diagendakan akan mengadakan kunjungan atau semacam rapat koordinasi perkecamatan untuk memberikan pemahaman satu sama lain dari hasil kegiatan tersebut.

Suasana Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tiga Desa Kecamatan Karang Bahagia
Sumber: Versi Nasional News/Ahim

Sementara itu, Kepala Desa Sukaraya Dano Sumarno berharap kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan, karena selama ini ada beredar informasi tidak sedap yang menyebutkan bahwa sering terjadi miskomunikasi antara BPD dan Pemdes.

"Mudah-mudahan (miskomunikasi) tidak ada," ujar Dano.

Dano tidak lupa mengingatkan apabila ditemukan masalah, maka lebih baik dimusyawarahkan bersama. 

"Hal ini karena memang kita sudah punya tupoksinya masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan," pungkas Dano.

Rep: Ahim
Red: Erika

TerPopuler

close