Kini Pukul :

Sedekah Air, Volunteer Bekasi dan Aksi Berbagi Lakukan Pengeboran Sumur di Kavling Tunas Baru


Proses Pembuatan Sumur Bor (foto : dok.Volbek)


Vnn.co.id, Kota Bekasi - Volunteer Bekasi (Volbek) bersama Aksi Berbagi melakukan pengeboran sumur di Kavling Tunas Baru RT 3 RW 1, Desa Babakan, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Proses pengeboran itu pun dimulai sejak tanggal 29 November 2020, dan rampung pada 5 Desember 2020 lalu. Volbek dan Aksi Berbagi dibantu oleh warga sekitar dalam mengerjakan proses pengeboran sumur.

Pengeboran sumur di Kavling Tunas Baru RT 3 RW 1 ini dikarenakan kualitas air yang sebelumnya digunakan sehari-hari oleh masyarakat masuk dalam kategori tidak layak, pasalnya air yang biasa digunakan masyarakat itu berwarna kuning dan tercampur dengan tanah. Sebelum dibuatkan sumur bor, terdapat 2 toren yang sudah kehilangan fungsi.



Sebelum dilakukan pengeboran sumur, tentunya dilakukan assesment terlebih dahulu untuk mempertimbangkan urgensi dan kelancaran proses pengeboran sumurnya.

Sukiman, Ketua RT 1, mengatakan bahwa sebelum dibuatkan sumur bor ini sebelumnya masyarakat sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Pasalnya, setiap rumah hanya dapat jatah mengisi air selama 8 menit perharinya. Sedangkan kebutuhan air untuk setiap rumah sangat banyak.



"Saya akhirnya menerapkan aturan kepada warga disini, dengan mengisi air selama 8 menit perharinya. Angka 8 ini didapat dari hitung-hitungan dari jumlah waktu dalam sehari dibagi dengan jumlah KK yang ada di Kavling Tunas Baru yaitu 90 KK. Aturan ini juga dibuat agar warga tidak berebutan dalam mengambil air dan dilakukan secara bergantian," kata Sukiman. 

Dengan adanya program sumur bor dari Aksi Berbagi ini diharapkan agar warga Kavling Tunas Baru dapat menggunakan air dengan maksimal sesuai dengan kebutuhannya dan bisa merasakan air yang bersih dan layak untuk digunakan dalam kehidupan sehari-sehari.



Red : Ramdhan