Juru Bicara Ungkap soal Biang Kerok Google yang Down -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Juru Bicara Ungkap soal Biang Kerok Google yang Down

, 12/15/2020 08:28:00 PM

Ilustrasi Google yang down.


Vnn.co.id, Nasional - Sejumlah layanan Google, di antaranya Gmail, YouTube, Play Store, Google Maps, Google Drive, dan dilaporkan bermasalah pada Senin (14/12/20) kemarin pukul selama 45 menit.

Pengguna android pun banyak yang mengeluhkan hal ini, yaitu tidak bisa mengakses Play Store, mengunduh maupun melihat daftar aplikasi. Google Meet pun tidak bisa digunakan berkomunikasi.

Keluhan layanan Google ternyata tak hanya datang dari Indonesia, namun beberapa negara juga mengeluhkan hal yang sama.

Google akhirnya angkat bicara bahwa biang keroknya adalah kuota internal storage. Juru Bicara Google menerangkan, YouTube dan Gmail down serta layanan Google lainnya disebabkan oleh kegagalan alat autentifikasi perusahaan yang mengatur cara pengguna masuk ke layanan yang dijalankan Google dan developer pihak ketiga.

"Hari ini pada pukul 3.47 pagi (Pacific Time), Google mengalami gangguan sistem otentifikasi selama 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal," ujar Juru bicara Google sebagaimana dilaporkan Guardian

"Masalah sistem otentifikasi diselesaikan pada pukul 4.32 pagi (Pacific Time). Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami memohon maaf kepada semua pengguna yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang."

Kejadian tersebut sama halnya seperti komputer desktop sata mncoba beroperasi denga hard drive penuh, yang membuat pengguna tak dapat mengakses layanan yang ada, sebab hard drive tidak bisa mem-proses perintah.

Seharusnya, lanjut Juru Bicara Google, alat internal perusahaan mengalokasikan ruang penyimpanan yang cukup ke layanan yang menangani autentifikasi, namun nampaknya hal ini gagal dilakukan yang berarti sistem sedang mengalami crash.

Red: Mega

TerPopuler

close