Ini Rencana Program Kerja Risma setelah Diangkat Jadi Menteri -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Rencana Program Kerja Risma setelah Diangkat Jadi Menteri

, 12/23/2020 10:26:00 AM

Tri Rismaharini (Foto: CNBC Indonesia).

Vnn.co.id, Jakarta - Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara, dalam keterangan pers di beranda Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, mengemukakan sederet rencana program kerjanya.

"Program kami adalah yang pertama, perbaikan data penerima bantuan. Kami akan kerja sama dengan Kemendagri terutama data kependudukan dan perguruan tinggi yang ada di wilayah masing-masing. Karena menurut saya akan lebih baik kalau kami melibatkan perguruan tinggi juga di dalam implementasi di lapangan sehingga output atau goal bisa dilihat dan bisa kita lakukan evaluasi bersama dengan perguruan tinggi," terang wanita yang akrab disapa Bu Risma pada Selasa (22/12/20).

Ia pun melanjutkan, program kedua adalah pemberdayaan. Menurutnya, sebagaimana amanat UUD 45', fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. 

"Karena itu kami akan perhatian, terutama terhadap anak-anak terlantar, fakir miskin, itu yang akan kami prioritaskan program pemberdayaannya. Sehingga anak-anak kita bukan hanya menadahkan tangan tapi mereka bisa lakukan segala sesuatu termasuk yang kami lakukan bagaimana disabilitas namun mereka berguna dan bermanfaat, dan berguna bagi bangsa dan nusa bangsa," ujar Risma sebagaimana dilansir CNBC Indonesia.

Dalam pemberdayaan, lanjutnya, ia akan menjalan kerja sama dengan Kementrian Koperasi dan UMKM. Pelibatan kaum ibu akan dimaksimalkan.

"Kami akan bekerja sama dengan program yang sama membentuk koperasi di tingkat kecamatan atau kelurahan. Kita akan lihat perkembangannya. Karena tiap daerah punya karateristik yang berbeda-beda, namun kita punya pengalaman koperasi itu sangat membantu."

Ia juga akan meningkatkan income dan mengurangi peneluaran. Peningkatan bisa terwujud dengan kerja sama dengan kementrian lain. "Tentunya kalau kita bisa bersama tentunya percepatan untuk pengurangan kemiskinan dan pengurangan untuk warga yang membutuhkan seperti penyandang disabilitas dan masalah sosial, itu bisa ditangani secara konprehensif dan terintegrasi meskipun kami harus melakukannya tidak bisa sendiri. Kami harus bekerja sama dengan kementerian lain."

"Untuk anak-anak terlantar, Risma ingin anak-anak usia sekolah bisa mendapatkan akses pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu adalah Kemensos akan bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenkes," tandasnya.

TerPopuler

close