Akhir Tahun 2020, Kali Cilemahabang Cikarang Tak Akan Jernih -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Akhir Tahun 2020, Kali Cilemahabang Cikarang Tak Akan Jernih

, 12/23/2020 11:25:00 PM

Pintu Air Kali Cilemahabang (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Upaya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, rupanya bakal gigit jari memulihkan Kali Cilemahabang menjadi jernih di akhir tahun 2020. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno mengatakan pihaknya sudah memberikan rekomendasi pada perusahaan konsultan agar membuat Kali Cilemahabang menjadi jernih.

"Kita (Dinas LH) sudah memberikan rekomendasi pada Nugraha sebagai konsultan Kali Cilemahabang agar secepatnya menyelesaikan kajiannya juga bekerjasama dengan tiga kawasan Hyundai, Lippo, Jababeka. Saya minta akhir tahun ini (2020) harus sudah jernih lagi itu Kali Cilemahabang," katanya ketika ditemui di Pangandaran beberapa waktu lalu.

Namun sepertinya Konsultan Lingkungan Hidup Kali Cilemahabang, Nugraha Hamdan, belum berani menjamin kajian dan pekerjaan Kali Cilemahabang akan selesai di akhir tahun 2020.

"Prosesnya tidak sederhana itu. Di tahun depan (2021) tentunya saya berharap bisa diterapkan dan itu bukan biaya sedikit, dan saya pun sudah koordinasi dengan kawan-kawan di DPR RI karena prosesnya tidak sederhana itu. Saya sudah sampaikan diforum kawasan-kawasan DED nya dibuat dulu," katanya.

Diungkap pria yang akrab disapa Nunu, pemulihan Kali Cilemahabang merupakan tanggung jawab bersama. 

"Kita bersama pertama kali membangun instalasi itu dindingnya harus kita buat dulu, iya kan namanya lalu tahap berikutnya adalah konsumsi kita melakukan sodetan dan Dinas Lingkungan Hidup harus berkirim surat dulu ke PJT BBWSC," jelasnya, Rabu (23/12/2020).

Faktor yang menjadi kendala Kali Cilemahabang berubah menjadi jernih yaitu kurangnya kerjasama dan komunikasi dari kawasan Lippo dan Jababeka.

"LH sudah berusaha menghubungi tapi lihat saja kedepannya. Kalo DED saja tanya anggarannya sama Dinas bahwa itu gak murah," singkatnya.

Sebelumnya dikabarkan, sejak 2019 silam masyarakat Cikarang terus mendesak Pemkab Bekasi agar segera menjernihkan Kali Cilemahabang agar menjadi sehat. Puncaknya, pada Juli 2020 masyarakat melakukan unjukrasa bahkan aksi tersebut dilakukan dekat rumah barunya Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.



Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close