Sedih! Ikon Kota Depok Ini Mulai Langka -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Sedih! Ikon Kota Depok Ini Mulai Langka

, 11/20/2020 05:53:00 PM

Belimbing Dewa, Ikon Kota Depok (foto : economy okezone)


Vnn.co.id, Kota Depok - Siapa yang tidak mengenal Kota Depok? Kota yang dijuluki 'Kotanya Ayu Ting Ting' terletak di Provinsi Jawa Barat dan resmi terbentuk pada tahun 1999 berdasarkan UU No.15 tahun 1999.

Tetapi, siapa yang menyangka kota dengan enam Kecamatan ini memiliki ikon kota yang unik, yakni belimbing dewa.

Belimbing khas Depok ini dikenal dengan rasanya yang manis dan kandungan air yang banyak dengan ukuran yang cukup besar. Belimbing ini banyak dikembangkan di lahan milik masyarakat, salah satunya di daerah Pasir Putih, Sawangan yang menjadi pusat agrowisata.

Dilansir dari laman detikfood, pengunjung bisa membeli langsung belimbing segar mulai dari 150 gram hingga 350 gram perbuahnya dari petani yang berada di pusat agrowisata ini. Selain bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, masyarakat juga dapat membeli hasil olahan dari belimbing ini, antara lain dodol, jus, keripik, dan asinan.

Mirisnya, kini banyak lahan pembudidayaan belimbing dewa di Depok yang mulai tergusur oleh pembangunan. Dikarenakan banyaknya penggusuran lahan pembudidayaan belimbing dewa yang menyebabkan langkanya produksi ikon kota Depok ini, terdengar kabar tidak enak bahwa akan terjadi pergantian ikon kota Depok dari belimbing dewa ke ikan neon tetra.

Namun, Walikota Depok, Mohammad Idris dengan tegas membantah hal tersebut dan mengatakan tidak akan terjadi pergantian ikon Kota yang dipimpinnya, melainkan ikan neon tetra yang menjadi ikon salah satu Kecamatan. Dengan demikian, belimbing dewa akan tetap menjadi ikon Kota Depok dan tidak digantikan.


Rep : Erika Fridadixa
Red : Ramdhan

TerPopuler

close