Pulau Seribu Sarat dengan Sejarah -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pulau Seribu Sarat dengan Sejarah

, 11/10/2020 11:17:00 AM

 

Pulau Onrust.


Vnn.co.id, Kepulauan Seribu - 
Kepulauan Seribu di utara Jakarta bukan hanya memiliki pantai yang indah, namun juga pulau yang sarat akan sejarah. 

Pulau Seribu sudah menjadi primadona sejak zaman penjajahan Belanda, tak sedikit nama pulau di Kepulauan Seribu memggunakan nama kolonial.

Seperti Pulau Amsterdam saat ini Pulau Untung Jawa,  Pulau Purmerend saat ini Pulau Bidadari dan beberapa pulau lainnya. 

Sebut saja salah satunya, yaitu Pulau Onrust adalah pulau yamg memiliki arti sibuk dalam bahasa Belanda. Pulau ini berdekatan dengan 3 pulau lainnya, yaitu Cipir, Kelor, dan Bidadari. Keempat pulau tersebut, pada zaman VOC berperan sebagai pusat perniagaan antara Eropa dan Indonesia. Di tahun 1618, pulau ini juga berfungsi sebagai tempat perhananan. Kala itu, diduduki oleh Gubernur Jendral VOC, yaitu Pieterzoon Coen. 

Selain itu, Pulau Onrust juga sempat menjadi pulau tahanan dan tempat karantina penyakit menular. 

Pulau ini sempat tidak tersentuh dan terlantar, namun pada pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, pulau ini dijadikan suaka sejarah dan sampai saat ini pun masih dapat dijumpai bekas bangunan Pertahanan Belanda.

Di samping itu, ada juga pulau kahyangan atau Cipir, Pulau Kelor serta Pulau Edam. Ketiga pulau ini juga sama, pernah digunakan untuk pulau karantina penyakit  menular serta karantina haji.  Di pulau ini masih banyak menyisakan bangunan serta benteng Belanda yang sudah tidak utuh lagi bentuknya, bahkan terbilang berantakan. 

Kepulauan Seribu memang sarat sejarah dan juga dijadikan tempat wisata bagi turis asing atau mancanegara. 

Sumber : Travel detik.com

Penulis : Handayani

Editor : Mega

TerPopuler

close