Menlu Amerika Serikat Kunjungi Prancis, Ajak Uni Eropa Lawan Turki  -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Menlu Amerika Serikat Kunjungi Prancis, Ajak Uni Eropa Lawan Turki 

, 11/18/2020 09:36:00 PM

Sumber : Istimewa
Vnn.co.id, Paris - dilansir dari turkinesia.net, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo. Menargetkan Turki dalam kunjungannya ke Paris. 

Dia mengajak Eropa untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat melawan tindakan Ankara di Timur Tengah selama beberapa bulan terakhir. 

"Presiden Prancis, Emanuel Macron, dan saya setuju bahwa tindakan Turki baru-baru ini sangat agresif," tutur pompeo dalam surat kabar harian Prancis Le Figaro. 

Pompeo menyebutkan sebagai contoh, dukungan Turki baru-baru ini kepada Azerbaijan dalam konflik Nagorno-Karabakh dengan Armenia, dan juga gerakan militer di Libya dan Mediterania Timur. 

"Eropa dan Amerika Serikat harus bekerja sama untuk menyakinkan Recep Tayyip Erdogan, bahwa tindakan semacam itu tidak menguntungkan rakyatnya," kata Pempeo. 

Pada bulan September, Pempeo dikecam Turki karena mengunjungi pemerintahan Sirpus Yunani setelah mencabut embargo senjata Amerika Serikat. Turki mengecam kedua langkah tersebut, dan mengatakan bahwa Pempeo juga seharusnya mengunjungi Republik Turki Siprus Utara, mencabut embargo senjata hanya meningkatkan ketegangan dari wilayah tersebut. Kunjungan itu dilakukan seminggu setelah pemilihan presiden Amerika Serikat.

Red : Kana

TerPopuler

close