Mengenang Jejak Penyebaran Islam di India -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Mengenang Jejak Penyebaran Islam di India

, 11/06/2020 10:08:00 AM

Umat Islam di India (foto: konfrontasi.com)


Vnn.co.id - Islam bukan agama mayoritas di India. Meski demikian, Islam telah hadir di negeri Hindustan itu sejak ribuan tahun silam dan telah memberikan kontribusi sangat besar bagi negara ini. Islam merupakan agama terbesar kedua di India setelah Hindu. 

Keberadaan agama ini di India telah melewati rentang sejarah yang amat panjang. Begitu banyak versi  bagaimana agama Islam masuk ke India. Sejumlah catatan sejarah menyebut, masuknya Islam ke India dibawa oleh para pedagang Arab.

Dari tanah Arab, mereka berlayar ke pantai barat India untuk berdagang dengan memperdagangkan barang-barang, mulai dari rempah-rempah, emas, sampai aneka barang dari Afrika. Mereka tak hanya berdagang, akan tetapi juga menyebarkan agama Islam di wilayah yang dekat dengan daerah perdagangan mereka, sehingga Islam terus menyebar melalui aktivitas perdagangan antara saudagar Mslim Arab dan India.

Selain kontribusi penyebaran melalui perniagaan Muslim Arab, ekspansi kaum Muslimin pada era Dinasti Umayyah pun turut dilakukan demi menyebarkan agama suci ini.

Versi lain menyebutkan bahwa Islam tiba di India pertama kali pada abad ke-7 M. Ialah Malik Ibnu Dinar dan 20 sahabat Rasulullah SAW yang kali pertama menyebarkan ajaran Islam di negeri itu. Saat itu, Malik dan sahabatnya menginjakkan kaki di Kodungallur, Kerala.

Konon, dari wilayah itulah Islam menyebar ke seantero India. Malik lalu membangun masjid pertama di daratan India, yakni di wilayah Kerala. Masjid pertama yang dibangun kaum Muslimin itu berbentuk mirip candi, tempat ibadah umat Hindu. Diyakini, masjid itu dibangun pada 629 M.

Dalam versi lain, masjid pertama di India itu dibangun oleh Cheraman Perumal Bhaskara Ravi Varma, seorang Muslim berdarah India. Sesuai dengan nama orang yang membangun, masjid di Kerala tersebut diberi nama Masjid Cheraman Juma.

Saat ini, diperkirakan lebih dari 180 juta penduduk India adalah Muslim. Angka ini menempatkan India sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar ketiga di dunia, setelah Indonesia dan Pakistan. Pew Research Center bahkan memperkirakan, jumlah penganut Islam di India pada 2050 hingga 2070 mendatang akan menjadi yang paling besar di dunia.

Wallahu A'lam.

Red : Mega

TerPopuler

close