Gerhana Bulan Penumbra Indonesia akan Datang -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gerhana Bulan Penumbra Indonesia akan Datang

, 11/03/2020 10:04:00 PM

Ilustrasi gerhana bulan penumbra (foto: sains.kompas.com)


Vnn.co.id, Jakarta - Hari ini, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyatakan bahwa gerhana bulan pamungkas akan terlihat pada 30 November 2020 di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh peneliti muda LAPAN Rhorom Priyatikanto.

"Bila gerhana bulan pamungkas yang dimaksud adalah yang terakhir di tahun ini, maka gerhana tersebut akan terjadi tanggal 30 November 2020," ujar Rhorom Priyatikanto, Selasa (3/11/20).

Ia juga menambahkan, proses gerhana penumbra dimulai pukul 14.32 WIB dan berakhir 18.53 WIB. Jadi, gerhana itu akan tampak saat bulan terbit. Pada gerhana tersebut, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra, sehingga bulan masih terlihat namun dengan warna yang suram.

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Itu terjadi bila Bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Akan tetapi, karena kemiringan bidang orbit Bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 derajat, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan dua buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika.

Gerhana ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke oposisi lainnya. Maka, jika terjadi gerhana bulan, seharusnya diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari.

Red : Mega

TerPopuler

close