Gaji Guru Honorer Memprihatinkan, Nadiem : Mereka Berhak Mendapatkan Kesejahteraan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gaji Guru Honorer Memprihatinkan, Nadiem : Mereka Berhak Mendapatkan Kesejahteraan

, 11/24/2020 12:35:00 PM

Mendikbud Nadiem Makarim (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan masih ada guru honorer yang hanya dibayar Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu per bulan. Dia mengungkapkan itu usai bercerita bahwa dirinya berkeliling ke banyak daerah di Indonesia untuk mengetahui kondisi tenaga pengajar. Padahal, guru-guru honorer ini memiliki dedikasi yang tinggi.

"Saya sudah banyak berkeliling ke sekitar Indonesia, berbagai macam daerah, dan setiap kali saya menemui guru-guru honorer, ada banyak sekali dari mereka yang punya hati nurani yang tulus untuk mengajar dan punya berbagai macam inovasi dan motivasi untuk mengajar," kata Nadiem yang disiarkan di saluran YouTube Kemendikbud RI, Senin (23/11/2020).

Sampai pada suatu titik, dirinya menyadari masih banyak guru honorer yang gajinya tidak layak sementara mereka berhak mendapatkan kesejahteraan lebih.

"Jadi, semakin saya terjun ke lapangan semakin saya menyadari bahwa pasti ada cukup banyak guru-guru honorer ini yang gajinya sekarang dibayar antara Rp 100 (ribu) sampai Rp 300 ribu per bulan yang sebenarnya layak menjadi ASN, yang sebenarnya punya kompetensi untuk menjadi guru yang baik," paparnya.

Didasarkan hal tersebut, pendiri Gojek itu menjelaskan bahwa pemerintah memutuskan untuk membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kita memastikan di Kemendikbud bahwa ada jawaban di pemerintah, ada jawaban mengenai bagaimana bagi yang layak dan punya kompetensi yang baik, bagaimana mengenai kesejahteraan mereka, bagaimana mengenai kesetaraan nafkah mereka," tambahnya.


Source : detik.com

Rep : Ramadhan Hendro
Red : Ramdhan

TerPopuler

close