Waspada! Gempa Pangandaran 5,9 SR Efeknya sampai Sukabumi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Waspada! Gempa Pangandaran 5,9 SR Efeknya sampai Sukabumi

, 10/26/2020 12:02:00 PM

Ilustrasi grafik gempa bumi.



Vnn.co.id, Jawa Barat - Sebuah gempa telah mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pada Minggu (25/10/2020) pukul 07.56 WIB, gempa ini berkekuatan 5,9 SR dan tidak berpotensi tsunami. 

"Gempa tersebut berada di 90 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km," kata Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di akun resmi instagramnya.

Gucangan gempa ini dirasakan sampai daerah Sukabumi, Tasikmalaya, Pangandaran III-IV MMI, Kuningan, Garut, Cilacap III MMI, Kab. Bandung, Kebumen, Kutoarjo, Banyumas, Banjarnegara, Kulonprogo, Bantul, Gunung kidul, Yogyakarta II-III MMI, Kota Bandung II MMI. 

Getaran gempa ini bisa dirasakan oleh orang-orang, baik yang ada di dalam ataupun yang berada di luar rumah. Beberapa lampu gantung bergoyang, tiang-tiang bergetar, begitu juga dengan prabotan rumah lainnya.

Bahkan, ada gerabah dan cerobong yang pecah. Getaran juga dirasakan oleh orang-orang yang sedang naik kendaraan. Walaupun gempa ini tidak berpotensi tsunami, tetapi BMKG mengimbau agar warga tetaplah berhati-hati dan waspada. Karena sewaktu-waktu gempa bisa terjadi lagi.

Penulis : Nabilah

Editor : Mega



TerPopuler

close