VIRAL Siswa SMK Nikahi 2 Gadis Sekaligus -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

VIRAL Siswa SMK Nikahi 2 Gadis Sekaligus

, 10/19/2020 01:53:00 PM

(Sumber : Tribunnewsmaker.com)

Vnn.co.id, Lombok - Ahmad Rizal (18), pelajar salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di Lombok Barat, terlihat menerima para gurunya di rumah.

Rizal yang mengenakan celana pendek itu sedang membelah kelapa muda di halaman rumahnya. Kelapa muda itu akan disajikan kepada gurunya yang berkunjung.

Sementara kedua istrinya, F dan M, sedang menyiapkan makanan bersama ibu mertua di dapur.

Pernikahan Rizal dan kedua istrinya viral di media sosial. Rizal yang masih duduk di bangku SMK itu menikahi F dan M yang juga berstatus pelajar.

Pernikahan mereka berjarak satu bulan. 


Awalnya, Rizal menikahi F yang baru lulus sekolah menengah pertama (SMP) dan belum mendaftar ke SMA.

Sementara istri kedua Rizal, M saat ini masih duduk di bangku Madrasah Aliyah (MA) yang setara dengan SMA.

Saat ditemui Kompas.com, ayah Riza, Ayuni (37) mengatakan, pernikahan anaknya digelar secara adat tanpa memberi tahu Kantor Urusan Agama (KUA).

Ayuni menjelaskan, anak sulungnya itu menikahi F pada Kamis (17/9/2020).

“Yang pertama itu dia (Rizal) nikah sama F, maskawinnya 2,5 juta dan sudah pergi nyongkolan,” kata Ayuni di rumahnya, Sabtu (17/10/2020).

Namun, Ayuni kaget keluarga M mengantarkan anaknya untuk dinikahkan dengan Rizal. Padahal, pernikahan Rizal dan F baru berusia seminggu.

“Pas lagi tidur itu, saya kaget datang keluarga Mariani minta untuk dinikahkan, waktu itu ibunya sempat pingsan. Ya karena disuruh untuk nikah ya kita terima dan harus tanggung jawab,” tutur Ayuni.

Acara pernikahan Mariani dilangsungkan pada Minggu (12/10/2020) dengan maskawin sebesar Rp 1 juta.

Ia menyebutkan, total biaya yang dikeluarkan mencakup pisuka dan resepsi pernikahan Rizal dengan dua istrinya mencapai Rp 50 juta.

Atas kejadian itu, Ayuni hanya bisa menghela napas panjang dan berharap anaknya bisa akur bersama dua istrinya.


Tanggapan istri pertama

F yang merupakan istri pertama Rizal mengaku sempat kecewa dengan keputusan suaminya. Ia tak menyangka suaminya menikah lagi.

Awalnya, F mengira M merupakan tamu yang hendak menjenguk dirinya.

"Waktu itu dia (M) saya kira tamu yang mau menjenguk, eh tapi ternyata," kata F saat menceritakan kisahnya kepada Kompas.com.

Saat itu, M bersama keluarganya mendatangi rumah Rizal. Keluarga M meminta anaknya dinikahkan dengan Rizal.

"Saya nggak tau mau ngomong apa, sedih sih, kalau tau begini nggak mungkin (nikah)," kata F dengan nada rendah.

Meski begitu, F mencoba setia dengan suaminya. Ia tak akan menggugat cerai suaminya yang masih berstatus pelajar SMK itu.

Sementara itu, Nurminah berharap pihak sekolah tetap mengizinkan Rizal melanjutkan pendidikan hingga lulus.

"Harapan saya cuma satu, saya mohon izinkan anak saya tetap sekolah supaya dia dapat ijazah," kata Nurminah ditemui Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Nurminah berharap, anaknya lebih mudah mencari kerja dengan memiliki ijazah SMK. Sehingga, anaknya bisa menghidupi kedua istrinya.

"Pokoknya dia harus lanjut sekolah, sampai dia dapat ijazah, agar mudah dapat kerja untuk hidupi keluarganya," kata Nurminah.

Untuk sementara waktu, orangtua Rizal akan menanggung biaya hidup anak dan kedua menantunya. Sehingga, Rizal bisa fokus menyelesaikan pendidikan.

Wakil Humas SMKN Gerung Suswantin menerangkan, selama ini tak ada aturan yang melarang siswa telah menikah untuk sekolah. Pihaknya tetap memberi kesempatan kepada Rizal menyelesaikan pendidikannya.

"Selama belum ada aturan yang melarang bahwa siswa yang menikah itu diberhentikan dari sekolah, maka kami masih bisa memberikannya kesempatan," kata Suswantin ditemui di rumah Rizal.

Meski begitu, Suswantin mengatakan, keluarga harus menjelaskan perihal pernikahan itu kepada pihak sekolah terlebih dulu.



Sumber : Kompas.com

Editor : Ayu

TerPopuler

close