Simak 3 Cara Mengatasi Insomnia! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Simak 3 Cara Mengatasi Insomnia!

, 10/24/2020 03:10:00 PM

(Sumber : Kontan.co.id)


Vnn.co.id, - Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang dialami oleh cukup banyak orang. Mengatasi insomnia diperlukan agar tidak mengganggu energi, mood, atau kondisi kesehatan lainnya. Kesulitan tidur dan sering terbangun di malam hari bagian dari tanda insomnia.

Dikutip dari Help Guide (helpguide.org), insomnia tidak bisa dilihat dari jumlah jam tidur, tapi dari kualitas tidur dan bagaimana perasaan Anda setelah tidur. Meski Anda tidur 8 jam, tapi saat bangun Anda justru merasa lelah, Anda mungkin mengalami insomnia.

Adapun gejala lainnya yaitu setelah terbangun di malam hari, Anda mungkin kesulitan untuk kembali tidur. Alih-alih merasa segar di pagi hari, Anda justru merasa letih saat bangun tidur.

Ketergantungan terhadap alkohol atau obat tidur juga bisa jadi gejala insomnia lainnya. Di siang hari, Anda sulit berkonsentrasi. Anda juga jadi lebih mudah lelah dan mudah tersinggung dengan lingkungan sekitar.

Rasa cemas, stres, dan depresi adalah penyebab umum terjadinya insomnia. Trauma, penyakit bipolar, rasa marah jadi faktor psikologis lain yang menyebabkan insomnia.

Begitu juga dengan asma, alergi, penyakit parkinson, penyakit ginjal, dan penyakit kanker merupakan beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia.


Ini dia 3 cara mengatasi insomnia!

Atur Suasana Tempat Tidur

Ruangan gelap, memutar musik yang lembut, dan mengatur suhu ruangan bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia.

Jadwal Tidur Rutin

Usahakan untuk mematuhi jadwal tidur yang sudah Anda tentukan meski saat akhir pekan atau hari libur lainnya.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Menghindari kafein, alkohol, dan makanan berat bisa jadi cara untuk mengatasi insomnia. Alkohol memang bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan tertidur, tapi hal itu justru membuat siklus tidur Anda terganggu.



Sumber : Kontan.co.id

Editor : Ayu

TerPopuler

close