Serangkaian Kegiatan Presiden Joko Widodo di Provinsi Sumatera Utara -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Serangkaian Kegiatan Presiden Joko Widodo di Provinsi Sumatera Utara

, 10/28/2020 12:16:00 PM

Vnn.co.id, Sumatera Utara - Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja sehari ke provinsi Sumatera Utara. Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara tersebut  dalam rangka kunjungan kerja serta meninjau  pembangunan kawasan pangan, Selasa (27/10/2020). Bersama rombongan terbatas, Kepala Negara lepas landas menuju Kabupaten Tapanuli Utara dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.


Setibanya di Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara dalam rangka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo langsung menuju Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan menempuh jalur darat.


Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) baru yang nantinya akan dikembangkan pertanian modern berbasis hortikultura, di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.Satu lagi kawasan lumbung pangan (food estate) yang sedang kita bangun. Lokasinya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, yang saya tinjau hari ini.


"Dua kali saya telah berkunjung ke kawasan pembangunan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah. Kalau di Kalteng untuk padi dan singkong, maka di Sumut ini yang dikembangkan pada tahap awal adalah hortikultura," kata Presiden Joko Widodo.


Untuk saat ini, di Humbang Hasundutan dibangun sebuah kawasan hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang di atas lahan seluas 215 hektare. Kita akan lihat hasilnya dua sampai 2,5 bulan mendatang. Lumbung pangan ini nantinya mencakup lahan seluas 30.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatra Utara, yakni Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.


Tujuan pembangunan kawasan-kawasan lumbung pangan adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selain itu, dalam pengembangannya, turut diupayakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan membuka peluang usaha secara lebih efisien.


Di Stadion Simangaronsang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara hari ini, Presiden Joko Widodo menyerahkan 22.007 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Termasuk di dalamnya 47 sertifikat untuk rumah ibadah, 1.236 sertifikat untuk aset dan barang milik negara, serta 87 sertifikat untuk bidang lahan di kawasan lumbung pangan di Humbang Hasundutan.

Penyerahan sertifikat untuk rakyat kali ini hanya dihadiri langsung oleh penerima dalam jumlah yang sangat terbatas sebagai bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan. Sebagian besar penerima mengikuti jalannya acara penyerahan melalui konferensi video dari sejumlah titik di tempat terpisah.


Kepada para penerima, Presiden menitipkan pesan untuk menjaga sertifikat yang telah diterimanya tersebut dengan baik. "Kepemilikan sertifikat tersebut juga berarti membuka akses permodalan ke perbankan apabila di antara para penerima ada yang ingin menggunakannya sebagai modal usaha. Namun, Kepala Negara juga mengingatkan agar dana yang diperoleh dari pinjaman tersebut hanya diperuntukkan untuk hal-hal produktif," jelas Presiden Joko Widodo.

Penyerahan sertifikat kali ini hanya dihadiri langsung oleh penerima dalam jumlah yang sangat terbatas. Sebagian besar penerima mengikutinya melalui konferensi video dari sejumlah titik di tempat terpisah.


Presiden Joko Widodo juga menjelaskan kegunaan serta fungsi sertifikat tanah tersebut. "Kalau kita sudah memegang sertifikat, maka hak hukum kita atas tanah itu menjadi jelas. Jadi sertifikat tanah tersebut bisa kita pakai buat usaha, dengan menjaminan sertifikat tersebut," tutup Presiden Joko Widodo.


Jurnalis : Jarkoni

Editor     : Anita

TerPopuler

close