Peringati Maulid Nabi, Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Nabi SAW -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Peringati Maulid Nabi, Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Nabi SAW

, 10/30/2020 03:46:00 PM

 

Presiden Joko Widodo

Vnn.co.id, Jakarta - “Pandemi telah berdampak dalam, pada seluruh aspek dimensi kehidupan, sekaligus menguji kesabaran kita sebagai insan beriman.” ujar kepala negara, Presiden Jokowi dalam pidatonya yang diunggah oleh YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/10/2020).

Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada acara maulid Nabi diperingati di tengah badai pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Presiden Joko Widodo juga mengajak umat Islam untuk mengambil pelajaran dan hikmah dari sosok suri teladan, yakni Nabi Muhammad SAW.

"Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah, role model, atau suri teladan dengan akhlakul karim, berakhlak mulia, yang wajib kita ikuti," kata Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual di Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan 1442 H/2020.

Lebih lanjut, Jokowi menilai, salah satu akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dengan situasi saat ini adalah peduli terhadap lingkungan sekitar, peduli terhadap sesama. Karena pandemi tidak bisa dihadapi secara individual oleh orang per orang atau pun pemerintah saja. Namun, memerlukan ikhtiar bersama untuk dapat menanganinya.

"Beliau bersabda, siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat nanti. Semangat kepedulian terhadap sesama sebagaimana dicontohkan dan diperintahkan Nabi harus menjadi semangat kita sebagai bangsa di masa pandemi seperti sekarang ini, " kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan serta keumatan Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan lain-lainnya yang turut bahu-membahu memberikan tenaga, relawan, bantuan sosial, dan menyediakan fasilitas kesehatan, bergerak bersama melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, bersinergi dengan pemerintah tanpa memandang perbedaan untuk penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Jokowi juga menyampaikan rasa syukur bahwa selama hampir delapan bulan masa sulit, akibat pandemi ini, kita banyak menyaksikan bagaimana masyarakat dengan tulus saling mengulurkan tangan, membantu dan ikhlas membagikan sebagian rezekinya untuk meringankan beban saudara-saudara yang mengalami kesusahan.

Presiden Jokowi serta-merta mengajak seluruh umat islam di Indonesia untuk berdo’a dan memohon pertolongan kepada Allah SWT, terlebih dimasa pandemi ini.

"Saya mengajak umat Islam di seluruh Tanah Air untuk bermunajat, memohon pertolongan Allah SWT, memohon jalan keluar dari kesulitan serta memberi kekuatan kepada bangsa kita agar segera pulih dan bangkit dari pandemi," pungkasnya.

Penulis : Nabilah

Editor : Mega

TerPopuler

close