Penyuluhan Budi Daya Tanaman Obat - Obatan Dan Pertanian Untuk Dongkrak Ekonomi Warga -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Penyuluhan Budi Daya Tanaman Obat - Obatan Dan Pertanian Untuk Dongkrak Ekonomi Warga

, 10/12/2020 07:58:00 PM

 

Warga antusias mendengarkan penyuluhan pertanian dan tanaman obat - obatan yang di berikan oleh anggota Satgas TMMD ke 109 Sintang


Vnn.co.id, Sintang - Warga Desa Tirta Karya terlihat sangat antusias mendengarkan penyuluhan yang dilakukan oleh anggota satgas TMMD 109 Kodim 1205/Sintang pada Kamis (08/10/2020). Mereka terlihat sangat antusias dengan berbondong bondong untuk datang dan mendengarkan penyuluhan tentang budi daya tanaman obat obatan dan pertanian.

Serda Irwanto mengatakan, "penyuluhan ini kita lakukan untuk meningkatkan pengetahuan warga terhadap pertanian dan tanaman obat obatan agar mereka bisa bertani dengan menghasilkan hasil taninya lebih baik dari sebelumnya." 

Warga menjual hasil tanaman pertanian hanya di seputar lokasi desa setempat

Hal ini di pandang perlu mengingat warga desa setempat banyak yang menanam tanaman obat - obatan. "Warga sini banyak yang menanam tanaman obat - obatan seperti jahe, kunyit, lengkuas serta serai. Tanaman itu memiliki nilai ekonomis karena laku jika di jual," bebernya.

Kebutuhan pasar untuk pasokan jahe, kunyit, lengkuas dan serai sangat terbuka lebar. Karena selain sebagai bumbu masakan, tanaman tersebut juga sangat berguna sebagai obat herbal untuk berbagai jenis penyakit.

Banyak juga para pengusaha yang sukses menekuni bidang ini seperti bos sido muncul, Irwan Hidayat. Ia percaya bahwa bisnis jamu yang memerlukan jahe, kunyit, lengkuas serta serai ini bisa sukses bila dilakukan dengan rajin, tidak mudah menyerah.

Tanaman pertanian lainnya seperti lada juga hanya di tanam skala kecil di desa terisolir ini. Warga hanya menanam tanaman obat-obatan dan tanaman pertanian lainnya untuk konsumsi keluarga saja. Artinya, tanaman di tanam dalam skala kecil.

Kendala petani selain sarana transportasi dan pemasaran, masih belum ada yang berani fokus menekuninya.

Hal ini di katakan oleh Asius Coli selaku Plt. Kepala Desa Tirta Karya. "Warga desa hanya menanam tanaman pertanian seperti tanaman obat - obatan untuk keperluan keluarga saja," terangnya.

Ia berharap, dengan dibukanya akses transportasi darat ke desa mereka, akan dapat menumbuhkan sektor ekonomi keluarga.


Sumber : Pendim 1205/Stg

Jurnalis : Muhammad Sandi

Editor    : Anita

TerPopuler

close