Pandemi Gak Bikin Melarat Tapi Bikin Kuat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pandemi Gak Bikin Melarat Tapi Bikin Kuat

, 10/21/2020 09:40:00 AM

 Sejak bulan maret 2020 lalu situasi di negara kita sudah mulai terdampak oleh pandemi covid 19, tidak hanya di dunia kesehatan, Namun merambah ke berbagai sektoral, pariwisata, industri, perkantoran, dan sendi-sendi perekoniman lainya. Hal ini membuat berbagai kalangan mengalami kesulitan dalam berbagai hal.

Mulai dari anak - anak tidak bisa bertatap muka untuk bersekolah, mahasiswa, dosen, guru, karyawan banyak pendapatanya berkurang, bahakan ada beberapa yang mengalami pemutusan Hubungan kerja, pengusahan mengalami penurunan omset pedagang, dan lain sebagainya. hal ini membuat beberapa kalangan harus memutar otak guna menambah pemasukan dan memenuhi kebutuhan sehari- hari beberapa upaya juga dilakukan pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakatnya mulai dari BLT, subsidi listrik, pulsa, keringan kredit dll. pandemi ini memang membuat banyak kalangan kesulitan namun kita semua tak boleh bergemi,

kita semua yakin dibalik ini semua pasti ada hikmah yang bisa kita petik. contoh yang paling simple bisa kita lihat adalah, misal :

  • Seorang karyawan dibidang desain grafish yang sehari hari biasanya bekerja 5 hari dalam 1 minggu, sekarang ia hanya bisa diperbolehkan masuk beberapa hari saja sehingga guna menambah pemasukan ia harus mencari sumber pemasukan lain yaitu mencari freelance mengerjakan jobs permintaan pembuatan desain dari situ online, sehingga bisa menambah pemasukan mereka.
  • Seorang pengusaha konveksi bisanya bisa memproduksi banyak kain, kini produksinya menurun karena permintaan pasar menurun, sehingga dia mengalihkan produksinya untuk membuat masker.
  • Seorang pedagan pendapatanya menurun karena banyak pelangganya yang enggan keluar rumah, serta daya beli masyarkat yang menurun, hal ini membuat para pedagan ikut memasarkan daganganya secara online.
  • Driver ojek online pun juga mengalami dampaknya dengan menurunnya penumpang, sehingga mereka harus berinovasi untuk membuat dan menjamin kenyamanan dan keaman penumpangnya.
Serta banyak kalangan- kalangan lain yang harus bekerja exstra dan berinovasi lebih baik lagi guna tetap berjalannya perekonomian.
Secara tidak langsung kita semua telah melangkah, berinovasi , keluar dari zona rutinitas, berfikir kreatif, dari orang yang biasanya hanya Membuat desain untuk kantornya kini ia memiliki tambahan jobs freelance di situs online, dari perusahaan yang biasanya hanya Memproduksi kain, kini mereka bisa memproduksi kain dan masker, dari seorang pedagan yang hanya berjualan di pasar atau toko  kini ia bisa Berjualan ditoko dan juga memperluas marketnya di media online .
dari hal - hal yang sudah kita lalui, kita harus yakin bahwa pandemi ini tak akan membuat gemi, justru akan membuat kita semakin kuat dan terus maju.
terbukti disituasi seperti ini kita bisa berfikir lebih kreatif dan banyak hal-hal baru yang bisa kita lakukan untuk tetap menjalankan roda perekonomian kita.

Oleh : Ayub Wahyu

TerPopuler

close