Kini Pukul :

Kami dari Zoleka Act: Hadir Berbagi Kebahagiaan di Depok



Aksi team Zoleka Act dalam membagikan bantuan sosial berupa sembako di Depok, JAwa Barat (31/10/20).



Vnn.co.id, Depok - Team “Zoleka Act” saat membagikan bantuan sosial berupa sembako. Lokasi penerima bantuan sosial ini di Jalan Usman Dehir No. 13, RT 01, RW 01, Desa Limo, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (31/10/20). Adapun paket sembako dan kebutuhan pokok tersebut dibagikan kepada masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah dan swasta.

Kegiatan tersebut guna membantu masyarakat yang terdampak pandemi Virus Covid -19. “Zoleka Social Act” merupakan aksi sosial dari team Zoleka yang sudah berjalan sampai saat ini. Zoleka Social Act bertujuan untuk membantu dan berbagi ke sesama guna meringankan beban mereka yang terdampak Virus Covid-19. Pandemi ini juga dirasakan hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia juga merasakan imbas dari Virus Covid-19, yang paling merasakan imbas tersebut adalah masyarakat yang notabene menengah ke bawah. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ini menyebabkan terjadinya pengaruh yang sangat besar terhadap daerah tersebut.

Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masih dilakukan di berbagai daerah khususnya di Zona Merah, seperti di Depok. Kota Depok sendiri sudah beberapa kali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk menekan penyebaran Virus Covid-19. Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tersebut membuat pengaruh yang besar terhadap sebagian masryarakat, mereka harus kehilangan pekerjaan, ada sebagian yang mengalami penurunan omset, penurunan pendapatan bagi pedagang serta sulitnya lapangan pekerjaan. Semua itu akan menambah panjang beban hidup di saat pandemi Virus Covid-19.


Pemerintah saat ini terus berupanya mengatasi pandemi, saat ini mulai dari menekan penyebaran virus Covid-19 serta menggelontorkan bantuan-bantuan kepada masyarakat. Untuk mengatasi pandemi ini, diharapkan semua elemen saling bahu membahu serta bergotong royong. Masyarkat harus patuh terhadap protokol kesehatan yang ada serta pemerintah dan swasta juga harus turun tangan untuk membantu masyarakat yang lagi kesulitan.

Dalam hal ini banyak lembaga swasta yang membantu masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Zoleka, Zoleka  memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini terkena dampak pandemi Virus Covid-19.

Melalui program “Zoleka Act” yakni bentuk nyata aksi sosial team Zoleka selama dua tahun secara terus menerus. Saat ini team dari Zoleka kembali turun langsung di tengah–tengah masyarakat melaksanakan bakti sosial. Tujuan dari kegiatan ini adalah ikut peduli serta meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Virus Covid-19. Tujuan tersebut sejalan dengan Core Value dari keberadaan Zoleka, yaitu berfikir dengan tulus, bertindak dengan integritas, yakin dengan kesederhanaan, dan aktif peduli.

Zoleka selaku donatur tunggal yang menyelenggarakan program “ Zoleka Act”, dengan program ini diharapkan bisa membantu  masyarakat di daerah Depok. Bantuan tersebut berupa paket sembako yang berisi antara lain: Beras, mie instan, minyak goreng,, gula dengan total paket sebanyak 100 paket.

Pelakasanaan “ Zoleka Act” ini dipastikan tepat sasaran, dimana team dari Zoleka  sudah melakukan survey ke lokasi yang akan dijadikan tempat untuk bakti sosial. Dari team juga melakukan testimoni kepada masyarakat bahwa daerah tersebut belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama tiga jam tersebut berjalan lancar dan sukses. Antusiasme masyarkat sangat baik dngan adanya baksi sosial ini. Hampir seluruh kupon yang di bagikan tersalurkan semua. Masyarakat yang hadir pun selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

Don Priyanto sebagai koordinator dari Zoleka mengatakan kepada media, “Kita sediakan Handsanitizer serta kursi para penerima bantuan, kami susun berjarak 1 meter. Kupon kita kasih ke warga melalui RT setempat, untuk menghindari penumpukan. Kami mengatur serta membagi secara bertahap atau perkelompok agar tidak terjadi kerumunan warga”.

“Kini, kami menjadi tahu dan memahami situasi masyarakat, sebagai makluk sosial kita membutuhkan orang lain. Dengan adanya acara semacam ini kita lebih tahu bahwasannya sebagai sesama manusia butuh pematik cinta kasih baik bagi diri sendiri, sesama mapun lingkungan. Harapan kita semoga bakti sosial  dari kami “Zoleka Act” ini dapat meringankan beban masyarkat serta bisa stimulan untuk saling membantu dvan berbagi dan berbuat baik ke sesama di masa pandemi Virus Covid-19 yang belum usai,” tutup Don Priyanto.

Jurnalis : Jarkoni

Editor : Mega