Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi Gelar Donor Darah Untuk Penderita Thalasemia -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi Gelar Donor Darah Untuk Penderita Thalasemia

, 10/20/2020 01:50:00 AM
Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi



Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi menggelar kegiatan sosial donor darah di Kantor PMI Kabupaten Bekasi, Desa Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi pada Sabtu (17/10/20).

Kegiatan donor darah rutin yang dilakukan oleh Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi ini bertujuan untuk membantu pasien penderita Thalasemia. Seperti yang kita ketahui, Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua dan membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Kurang darah yang dialami penderita Thalasemia akan menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas. Akibatnya, aktivitas penderita Thalasemia akan terganggu.

Thalasemia disebabkan oleh kelainan genetik yang mempengaruhi produksi sel darah merah, kelainan genetik ini diturunkan dari orang tua dan tetap dapat diturunkan walaupun orang tua tidak mengalami gejala. Jadi para penderita Thalasemia seumur hidup akan ketergantungan dan harus dapat transfusi dari para pendonor, karena sel darah merah tidak dapat memproduksi sendiri.

Di kabupaten Bekasi kurang lebih ada sekitar 30 orang yang mengidap Thalasemia. Oleh karena itu giat donor darah rutin dilakukan untuk membantu para penderita Thalasemia.

Pada awalnya, Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi dibentuk sebagai ajang mempererat tali silaturahmi. Namun, selain menjadi ajang silaturahmi, Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi tergerak melakukan kegiatan sosial dengan membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan, membantu korban bencana alam serta donor darah rutin.

"Biasanya donor darah seperti ini kita lakukan di Patriot. Namun kondisi saat ini masih pandemi maka kegiatan kita lakukan di kantor PMI Kabupaten Bekasi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu para penderita Thalasemia," ucap Syarif, Ketua Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi.



Kata Syarif, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu saudara kita yang menderita Thalasemia yang memang membutuhkan darah dari para pendonor.

"Jadi kita kerahkan anggota untuk membantu para penderita Thalasemia karena saat seperti ini sangat yang sulit untuk mendapatkan pendonor. Kita ketahui saat ini stok di PMI juga tidak bisa mencukupi, maka dari itu kita gerakkan alumni Patriot untuk donor darah guna memenuhi kebutuhan para penderita Thalasemia," katanya.

Di lokasi yang sama, Agung salah satu anggota Forum Silaturahmi Alumni Patriot Bekasi mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa membantu dengan cara mendonorkan darahnya. "Saya sangat senang bisa berpartisipasi membantu para penderita Thalasemia," ujarnya.

Fariani, anggota PMI Kabupaten Bekasi saat diwanwancarai oleh media menjelaskan bahwa saat ini penurunan pendonor sangat menurun sejak pandemi covid-19. "Untuk saat ini penurunan pendonor sangat drastis karena pandemi Virus Covid-19. Paling ada beberapa orang yang datang untuk donor darah, padahal sebelum Pandemi Covid-19 pendonor suka rela yang datang bisa 50 sampai 100 orang setiap harinya. Namun saat ini turun drastis mungkin orang takut karena pandemi Virus Covid-19," paparnya.

"Di PMI Kabupaten Bekasi tiap hari memang ada saja yang donor suka rela, tapi untuk saat ini sedikit. Mudah- mudahan makin hari makin banyak pendonor yang datang, sehingga kita bisa penuhi permintaan darah di Kabupaten Bekasi," sambung Fariani.


Jurnalis : Jarkoni
Red : RMD

TerPopuler

close