Demonstrasi Mahasiswa Jember Kembali Ricuh -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Demonstrasi Mahasiswa Jember Kembali Ricuh

, 10/23/2020 02:47:00 PM

Demonstrasi mahasiswa Jember pada Kamis (22/10/20).


Vnn.co.id, Jember - Aksi demonstrasi mahasiswa Jember, Jawa Timur kembali ricuh pada Kamis (22/10/20). Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.45 WIB itu awalnya berjalan tenang dan damai. Aliansi Jember Menggugat yang terdiri dari 25 organisasi mahasiswa pun meneriakkan penolakan terhadap UU Cipta Kerja Omnibus Law dengan orasi dan yel-yel "revolusi" berkali-kali.

"UU Cipta Kerja berlawanan dengan konstitusi, melanggengkan kerusakan lingkungan, melanggengkan perbudakan buruh. Negara telah berpihak kepada kepentingan oligarki," begitu pekikan salah satu orator.

Namun, situasi mulai tak kondusif sekitar pukul setengah lima sore. Tiba-tiba benda keras meluncur ke gedung parlemen. Bahkan, terdengar beberapa kali letusan mirip petasan sehingga beberapa kaca jendela pecah terkena lemparan.

"Kaca bagian atas dekat balkon pecah," ucap Ahmad Halim, Wakil Ketua DPRD Jember.

Sementara, polisi  berusaha menenangkan aksi lempar tersebut dengan menggunakan pelantang suara dari salah satu mobil.

Saat adzan maghrib, mahasiswa pun menghentikan aksinya dan melaksanakan shalat terlebih dahulu. Dalam pernyataan resminya, Aliansi Jember Menggugat menyatakan

1. Menolak dan mengecam keputusan Pemerintah dan DPR RI dalam mengesahkan UU Cipta Kerja karena dinilai jauh dari nilai-nilai Pancasila dan UUD '45.

2. Mosi tidak percaya kepada Pemerintah dan DPR RI karena kebijakan yang dibuat telah mengkhianati amanat konstitusi dengan hanya mengakomodir kepentingan kaum pemodal dan meniadakan kepentingan rakyat.

3. Mengecam keras tindakan represif aparat dalam mengamankan aksi unjuk rasa karena menyampaikan aspirasi merupakan hak setiap warga negara yang dijamin konstitusi.


Sumber : Beritajatim.com

Editor : Mega

TerPopuler

close