Canggih! Uang Kertas Rp 75.000 Bisa "Nyanyi" lagu Indonesia Raya, Ini Kata BI -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Canggih! Uang Kertas Rp 75.000 Bisa "Nyanyi" lagu Indonesia Raya, Ini Kata BI

, 10/02/2020 02:10:00 PM
Vnn.co.id, Jakarta - Dalam unggahan video menampilkan percobaan uang pecahan Rp 75.000 yang di-scan kemudian muncul video paduan suara menyanyikan lagu "Indonesia Raya" menggunakan aplikasi Ivive yang diunggah oleh akun Twitter @repvblikvideo pada Sabtu (26/9/2020).

Foto: Pengoperasian aplikasi Ivive yang memunculkan video pada uang kertas Rp 75.000. (Source : twitter @repvblikvideo)



"Lho.... kok bisa?" tulis akun @rebvblikvideo dalam twitnya.

Saat pengoperasian aplikasi, ponsel diarahkan menyorot uang Rp 75.000, kemudian muncul video paduan suara yang menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

Lantas, bagaimana tanggapan Bank Indonesia (BI)?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengungkapkan, pihaknya tidak membuat konten augmented reality (AR) pada uang Rp 75.000.

"Bank Indonesia tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000 (UPK75) ataupun di uang rupiah lainnya," ujar Onny saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Ia menjelaskan, AR tidak termasuk dalam ciri uang rupiah yang diedarkan Bank Indonesia. "Itu tekonologi AR bisa terjadi dan diterapkan pada berbagai obyek apapun tidak hanya uang," lanjut dia.

Terkait viralnya unggahan tersebut, Onny menyampaikan, BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di UPK75. Sebab, uang rupiah dalam penggunaannya dilindungi undang-undang.

"Namun, kami mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang rupiah, karena rupiah dilindungi oleh UU, masyarakat juga dilarang untuk merusak (atau merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara) sesuai Pasal 25," ujar Onny.

Fakta menarik soal UPK Rp 75.000

Di sisi lain, uang pecahan Rp 75.000 ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, uang Rp 75.000 dicetak secara terbatas, yakni sebanyak 75 juta lembar dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kendati begitu, kehadiran uang ini menjadi incaran warga Indonesia, termasuk kolektor uang kuno. Pada bagian belakang uang tersebut, tampak berbagai macam gambar baju adat Indonesia.

Sisi lain yang menarik dari uang Rp 75.000, penyimpanannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Cara paling sederhana dan aman dengan dimasukkan ke plastik atau bingkai.


Source : Kompas.com
Editor : Ayu

TerPopuler

close