Penilaian Tahap 2 KLR Saung Hijau Kenari, ini Harapan Muad Khalim Untuk Kab Bogor. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Penilaian Tahap 2 KLR Saung Hijau Kenari, ini Harapan Muad Khalim Untuk Kab Bogor.

, 9/16/2020 02:25:00 PM

Kunjungan Penilaian Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Perum Griya Kenari Mas, Cileungsi.
Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - acara penetapan Penilaian Kampung ramah Lingkungan (KRL) saung hijau oleh dinas lingkungan hidup yang terletak diperumahan Griya Kenari Mas RT 01 RW 08, Desa Cileungsikidul, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor pada Senin 14/9/2020 kemarin.

Ini harapan Muad khalim, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor  untuk KRL.

Menurut Muad Khalim, untuk mewujudkan Kabupaten Bogor bersih, sehat dan mandiri program KRL ini memang salah satu terobosan yang efektif.

"Saya berharap program KRL terus berkembang di Kabupaten Bogor, agar pola disiplin dan kesadaran masyarakat tumbuh diwilayah masing-masing, dan semoga KRL bisa segera mewujudkan Kabupaten  Bogor bersih, sehat serta mandiri melalui bank sampah sesuai program Bupati Bogor Ade Munawaroh yasin," terang khalim yang juga berdomisili di Griya Kenari mas.

Terpisah  H. Ade Imam Muslimin, pelaksana pada seksi kemitraan dan peran serta masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor menerangkan 

"Kampung Ramah Lingkungan adalah gerakan masyarakat yang dilakukan secara mandiri, terstruktur dan berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan hidup skala RW, Adapun tujuan dari KRL itu sendiri untuk menciptakan masyarakat yg peduli, berbudaya dan berwawasan lingkungan," tandasnya 

KRL Saung Hijau Kenari.
Ade Imam menambahkan ada Empat  komponen dalam KRL yang jadi bahan penilaian, dan warga gria knarimas sangat luar biasa dalam pengelolaan lingkungan.

"Ada empat poin penilaian dalam program KRL, yaitu Pengelolaan sampah, Konservasi dan penataan lingkungan, Sanitasi.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat, Hal ini telah dilakukan oleh masyarakat griya kenarimas, dengan melakukan pengelolaan sampah dengan adanya komposter, biopori dan bank sampah di lokasi tersebut, Untuk konservasi dan penataan lingkungan dibeberapa RT sudah melamukan penanaman pohon dan sayuran serta hydroponik sebagai upaya ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan. 

Komponen tiga pentaan drainase sudah baik dan yg terakhir pemebrdayaan ekonomi sudah luar biasa dengan adanya produk2 unggulan baik produk pangan maupun produk hasil daur ulang sampah, Kesimpulannya warga sangat luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hal ini selaras tujuan dari KRL  serta menunjang program panca karsa bupati," tutupnya

Jurnalis: Gie

Editor: IP

TerPopuler

close