Ingin Berwisata Saat New Normal? Ikuti Aturan Berikut! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ingin Berwisata Saat New Normal? Ikuti Aturan Berikut!

, 9/02/2020 11:28:00 PM

 


Vnn.co.id, Jakarta - Sistem new normal sudah mulai diterapkan pada beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa tempat wisata saat ini juga sudah mulai banyak yang dibuka kembali. Seperti yang kita tahu, hampir semua sektor mengalami kerugian yang disebabkan oleh pandemi virus corona, tidak terkecuali sektor pariwisata.

Setelah beberapa bulan harus isolasi mandiri di rumah masing-masing menjadikan banyak orang merasa jenuh. Sehingga dorongan untuk melakukan aktifitas diluar seperti liburan juga semakin besar. Dilansir dari situs kumparan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berwisata supaya tetap aman.

Jaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Pastikan kondisi tubuh anda selalu dalam kondisi sehat. Jangan sampai tubuh anda mengalami gejala kesehatan sebelum berpergian atau saat berpergian ke tempat wisata. Sebelum berangkat, perhatikan kesiapan kondisi tubuh. Jika dirasa tidak enak badan lebih baik tunda liburan dan jangan dipaksakan berangkat.

Karena kondisi tubuh yang lemah sangat rentan untuk terkena berbagai penyakit. Jika diperlukan, lakukan rapid test dan swab test secara mandiri. Hasil tes ini yang dapat anda bawa selama liburan untuk berjaga-jaga. Karena, saat ini banyak tempat wisata yang mengharuskan pengunjungnya membawa surat bebas COVID-19.

Gunakan Kendaraan Pribadi

Jika ingin refreshing sejenak, tidak perlu berlibur ke lokasi yang jauh atau keluar kota yang harus menggunakan transportasi umum. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di kota anda dan mencari tempat unik yang belum sempat dikunjungi. Sehingga anda akan tetap aman karena menggunakan kendaraan pribadi.

Selalu menggunakan masker

Jangan pernah melepas masker anda dimanapun terutama ketika berada ditempat yang ramai. Walau kondisi anda sehat, tetapi tidak menutup kemungkinan anda menjadi “carrier” dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Dengan selalu menggunakan masker, anda dapat mengurangi resiko tertular penyakit.

Bawa Hygiene Kit

Hygiene kit saat ini menjadi barang yang wajib anda bawa kemana-mana. Isinya berupa hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, hingga masker cadangan. Selain itu, siapkan juga obat-obat pribadi dan vitamin didalamnya.

Jauhi Kerumuman dan Tetap Jaga Jarak

Tidak semua wilayah dapat menerapkan sistem new normal. Oleh sebab itu, pilih lokasi yang benar-benar siap dengan kebijakan baru ini. Pastikan untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan ketika di lokasi.

Membawa Peralatan Pribadi

Walaupun di penginapan sudah diberikan fasilitas yang lengkap, tetapi untuk kondisi seperti ini tidak ada salahnya anda membawa perlengkapan pribadi. Lebih baik jangan menggunakan fasilitas barang yang diberikan untuk menghindari kontak dengan virus. Contohnya seperti membawa handuk, peralatan makan, botol minum, dan lain-lain.

 

Red : AT

TerPopuler

close