Pulihkan Ekonomi Jabar, Ridawan Kamil Ada 3 Tahapan yang Harus Ditempuh -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pulihkan Ekonomi Jabar, Ridawan Kamil Ada 3 Tahapan yang Harus Ditempuh

, 8/19/2020 09:01:00 PM

 Vnn.co.id, Bandung - Dalam upacara memperingati HUT Jawa Barat yang ke- 75, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pidatonya tentang Tiga Tahap Pemulihan Ekonomi Jabar.


Dalam program pemulihan ekonomi, Jawa Barat telah menyusun peta jalan yang dibagi menjadi tiga tahap dari tahun 2020 ini sampai 2023.


Tahap pertama adalah penyelamatan atau rescue, tahap kedua adalah pemulihan atau recovery, dan yang terakhir adalah penormalan atau normalisation.


Sektor yang menjadi prioritas adalah pertanian yang tumbuh tetap positif dalam situasi pandemi ini dan juga membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah memiliki daya ungkit untuk pemilihan ekonomi dan menggerakkan ekonomi secara masif.


"Pada masa pandemi ini terjadi penurunan pada hampir semua lapangan usaha kecuali sektor yang tetap positif yaitu sektor pertanian malah meningkat 7,64 persen secara year on year. ini diprediksikan bahwa pertanianlah yang akan mendongkrak positifnya ekonomi Jawa Barat kuartal ketiga saat ini dan kuartal keempat di akhir tahun," ujarnya.


Prioritas pemulihan ekonomi berikutnya adalah membangkitkan UMKM sebagai pilar utama struktur ekonomi nasional.


Sebanyak 80 persen UMKM di Jawa Barat terdampak Covid-19. Karenanya dengan membangkitkan UMKM ini dari keterpurukan, dapat mencegah lebih banyaknya terjadi pengangguran.


"Kami optimis pengendalian wabah dan pemulihan ekonomi dapat berjalan optimal dengan kerjasama yang selalu menjadi haknya Jawa Barat yaitu kolaborasi pentahelix. Penta itu lima, helix itu pilin. Ada lima yang terpilin selalu membawa Jawa Barat Juara, yaitu ABC GM, akademisi, bisnis, community atau komunitas, government atau pemerintah, dan media," katanya.


Penulis : AS

Editor : JA

TerPopuler

close