Deklarasi ODF dan Stop BABS, Bupati Berharap Agar Menjadi Contoh Bagi Desa Yang Lain -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Deklarasi ODF dan Stop BABS, Bupati Berharap Agar Menjadi Contoh Bagi Desa Yang Lain

, 8/04/2020 03:53:00 PM
Vnn.co.id, Sekadau -
Dalam rangka menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat, Desa Setuntung Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau telah melaksanakan kegiatan deklarasi ODF (Open Defecation Free) / stop buang air besar sembarangan (BABS) hari ini, selasa (4/8/2020).

Kegiatan deklarasi ini dihadiri oleh Bupati Sekadau Rupinus, SH. M.Si, Wabup Sekadau Aloysius, SH. M.Si, Plt. Kepala Dinkes Sekadau Henry Alpius, S.Kep. ME, para pejabat SKPD Kab. Sekadau, Camat Hermansyah SE, Kapolsek Belitang IPTU Suritno, Kepala Puskesmas Belitang dr. Christian, Kades se - Kecamatan Belitang, toga, tomas, todat dan elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Belitang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Setuntung Mohamad Saleh mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan menyampaikan sambutan bahwa Desa Setuntung siap menjadi desa ODF / stop BABS. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim dan panitia sehingga pelaksanaan kegiatan stop BABS hari ini berjalan lancar di Desa Setuntung serta siap melanjutkan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) cuci tangan pakai sabun.

"Saya sangat salut kepada para perangkat desa yang ikut mensosialisasikan stop BABS dan memberikan penyadaran kepada warga agar tidak BABS di bukan pada tempatnya, " ujarnya.

Sementara itu Camat Belitang Hermansyah menyampaikan pula bahwa pelaksanaan deklarasi ODF / stop BABS di
Desa Setuntung merupakan desa ketiga yang mewakili Kecamatan Belitang karena sebelumnya Desa Menua Prama dan Maboh Permai sudah terlebih dahulu mengawali akan hal ini.

"Sebelumnya, deklarasi ini telah di mulai oleh Desa Menua Prama dan Maboh Permai yang merupakan desa baru pemekaran dari Desa Padak, " ungkap camat Belitang ini.

Plt. Kadis Kesehatan Henry Alpius juga menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan yakni dari lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, dan juga keturunan dan saat ini Desa Setuntung sudah bisa membuktikan sebagai desa dengan skala bebas buang air besar sembarangan (BABS).

"Kita menyaksikan bahwa hari ini Desa Setuntung adalah desa yang siap sehat, " ujar Kadis Kesehatan ini memuji.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Sekadau Rupinus yang juga berkesempatan hadir serta membuka kegiatan secara simbolis deklarasi ODF di Desa Setuntung.

"Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang tidak BABS di sembarang tempat. BABS itu tidak sehat dan mulai dari sekarang mari kita berperilaku hidup bersih dan sehat. Karena sekarang ini kan semua warga SP4 Setuntung sudah memiliki jamban alias WC pribadi disetiap rumah. Jadi sekarang warga Setuntung sudah masuk dalam warga yang berperilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya dengan nada humoris.

Bupati Sekadau ini juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dan atas kerjasama yang baik antara instansi pemerintah maupun TNI, Polri sehingga kegiatan ODF berlangsung aman dan lancar serta masyarakat yang hadir juga menerapkan protokol kesehatan. 
Diakhir rangkaian kegiatan dilakukan penandatangan prasasti oleh Bupati Sekadau serta penyerahan piagam stop BABS untuk Desa Setuntung ini.
Ditempat terpisah usai acara seremonial, Kapolsek Belitang IPTU Suritno dalam hal ini mendukung penuh kegiatan pelaksanaan ODF dan Stop BABS di Desa Setuntung.

"Saya berharap agar masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas setiap hari untuk mencegah Covid-19 dan ingat, jangan BABS di hutan, kebun, dan di sungai, karena itu akan mengotori lingkungan, " ujar Kapolsek Belitang.

Nampak pula Personel Polsek Belitang disiagakan selama pelaksanaan kegiatan guna memberikan rasa aman, nyaman dan lancar selama pelaksanaan kegiatan deklarasi ODF dan sekaligus peresmian Dusun Sempetang di Desa Setuntung Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau.


Rep: Muhammad Sandi
Red: JA

TerPopuler

close