Si Jago Merah Lalap Belasan Ruko Di Kompleks Pasar Tugu BI Sintang -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Si Jago Merah Lalap Belasan Ruko Di Kompleks Pasar Tugu BI Sintang

, 7/27/2020 10:40:00 AM
Vnn.co.id, Sintang - Si jago merah kembali berhasil menghanguskan puluhan kios di Jalan PKP Mujahidin Sintang, atau di sekitar kompleks pasar tugu BI Sintang  Provinsi Kalimantan Barat. Kebakaran kali ini terjadi sekitar pukul 15.45 Wib Minggu (26/7/2020).

Tak ada korban jiwa dalam kejadian yang meluluh lantakkan puluhan kios tersebut. Akan tetapi kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dari informasi yang berhasil kami himpun, kebakaran itu diduga berawal dari korsleting listrik, dan api pertama kali terlihat di bagian tengah.

Salah seorang pelintas, Arjo mengatakan bahwa ia melihat api sudah membesar. " Kejadiannya sangat cepat sekali, api saya lihat mulai menyala di bagian tengah pasar, " ujarnya menerangkan.

Menurut keterangan dari Kasat Pol PP, Martin Nandung mengungkapkan rapatnya bangunan kios di kawasan itu membuat api cepat merambat dan membakar kios yang lainnya.

“Posisi bangunan di tempat kejadian sangat padat dan bangunan rata - rata terbuat dari kayu serta hembusan angin juga menjadi pemicu api cepat membesar dan membakar puluh kios yang ada ,” ungkap Kasat Pol PP Sintang.

Beliau menyebutkan bahwa Damkar Sintang mengerahkan 6 unit mobil Pemadam kebakaran dan juga seluruh personil yang ada, selain itu juga di bantu oleh Busera Sintang.

Hingga saat ini, petugas kebakaran masih berada di TKP untuk mendinginkan lokasi kebakaran dan memastikan bara api padam total.

Berikut nama - nama pemilik ruko yang terbakar : 1. Diarry Dilla Cake (Toko Kue) Pemilik Sdri. Dilla 2. Dunia Arloji (Toko Jam) Pemilik Sdr. Kasim 3. Rj Coffe (Warung Kopi) Pemilik Darfami 4. Pangkas Rambut Sumatera Pemilik Darfami 5. Bakmi CC Alang (Warung Mie Ayam) Pemilik Sdri. Alang 6. RM Malenggang pemilik sdr. Mafril 7. Bakso Rudal pemilik Sdr. Rismanto 8. Media Center pemilik Korem 121/ABW 9. Warkop Ayang pemilik Sdri Ayang 10. Muthia Shop (Kios Pakaian) Pemilik Sdri. Mutia 11. Kanor Davina Taxi Pemilik Sdr. Gatot 12. Kios Buah Pemilik Sdr. Nurwahid 13. Rumah makan Lamongan Mas Jempol 2 Pemilik Sdr. Sumadi 14. Warkop Morris 15. Toko Fotocopy dan ATK .

Catatan waktu kejadian : Pada hari Minggu tanggal 26 Juli 2020 sekitar jam 15.45 wib. TKP : Jl. PKP Mujahiddin Sintang (Dekat Tugu BI) Kec.Sintang Kab.Sintang Propinsi Kalimantan Barat. 

Berikut kronologis kejadian : Pada hari minggu sekitar pukul 15.45 Wib saksi atas nama sdri. Purnamasari dan sdr. Wawan melihat asap di antara kios warung Bakmie Alang dan RM Malenggang. Kemudian Sdr. Alang langsung menghubungi pihak Damkar dan pemilik warung bakmie Alang dan RM Malenggang langsung mengeluarkan isi-isi dari dalam warung masing-masing.

Kemudian datang Damkar dan Busera untuk memadamkan kebakaran tersebut. Kerugian hingga saat ini belum dapat ditaksir Serta tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut, Penyebab kebakaran diperkirakan karena konsleting listrik dan Api dapat di padamkan pada Pukul 17.30 wib dengan menggunakan peralatan Pemadam kebakaran yaitu : 1. 6 (enam) unit Damkar Sintang beserta 50 orang personil. 2. 1 (satu) unit Water Suppley Dalkarhutla Kab Sintang 3. 3 (tiga) unit Damkar Busera beserta 20 orang personil 4. 1 (satu) Unit Damkar BNPB 5. Anggota IEA Wilayah Sintang 4 orang personil. Saat ini api sudah bisa di padamkan. 


Rep: Muhammad Sandi
Red: JA

TerPopuler

close