Dutri: Kepala Sekolah Diuji Saat Pandemi Covid-19 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Dutri: Kepala Sekolah Diuji Saat Pandemi Covid-19

, 7/13/2020 06:02:00 PM
Vnn.co.id, Kota Palu - Siswa yang berkualitas tentu dihasilkan oleh proses yang tidak mudah, salah satunya melalui guru-guru yang tidak kenal lelah mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan dan penemuan hasil dari proses pembelajaran.

Capaian keberhasilan siswa tidak hanya pada saat pembelajaran tatap muka di kelas, namun bagaimana pembelajaran daring tetap berlangsung di tengah pandemi.

kepala sekolah kini diuji dengan adanya pandemi dan bagaimana mewujudkan pembelajaran tetap berjalan.

"Saat ini dunia pendidikan sedang diuji dengan adanya Covid-19, walaupun belajar dari rumah, semangat itu tidak boleh luntur, siswa harus tetap memperoleh pembelajaran bermakna,” ujar , Dutri, S.Pd.M.Pd di temui media VNN Senin (13/7/20) di ruang kerja. 

Dutri menambahkan, di tengah pandemi ini, peran kepala sekolah sangat penting menggerakkan guru untuk tetap melaksanakan fungsi guru, salah satunya pembelajaran.

Dutri. S. Pd. MPd kepala sekolah SDN 5 birobuli mengakui setelah adanya pandemi mengharuskan guru melakukan pembelajaran jarak jauh yang artinya menggunakan teknologi. Namun Dutri mengakui tidak semuanya guru bisa mengoperasikan kemajuan teknologi. 

Jangan dulu berbicara Zoom, Cisco Webex, Google Classroom atau yang lainnya, untuk mengoperasikan perangkat laptop saja masih ada yang harus ditingkatkan lagi kompetensinya,” ujarnya.

Salah satu peran kepala sekolah yang bisa dilakukan, menurut Dutri, adalah kerja sama dengan orang tua, seperti meminta orang tua yang tidak memiliki gawai untuk mengambil tugas, lembar kerja peserta didik (LKPD) di sekolah.

Peran orang tua tidak bisa dihilangkan semasa Covid-19 ini untuk memberikan pendampingan kepada anak dalam pembelajaran di rumah.

“Ini yang penting, memberikan pemahaman kenapa kita harus belajar dari rumah. Sehingga jika ada siswa yang tidak memiliki gawai maka solusinya bisa datang ke sekolah dengan protokol kesehatan, seperti layanan drive thru,” kata dia.


Rep: IDM
Red: JA

TerPopuler

close