Jembatan Memprihatinkan, Warga Berharap Dermaga Penyeberangan Belitang Difungsikan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Jembatan Memprihatinkan, Warga Berharap Dermaga Penyeberangan Belitang Difungsikan

, 6/26/2020 09:51:00 AM
Vnn.co.id, Kabupaten Sekadau - Supaya dapat meringankan beban arus lalu lintas pada jembatan sungai Lobak dan jembatan gantung sungai Belitang yang kondisinya kian memprihatinkan, warga berharap agar fasilitas penyeberangan setempat di fungsikan.

Keberadaan dermaga penyeberangan yang tidak di fungsikan di katakan oleh Panji, salah satu tokoh masyarakat Belitang menyebabkan dermaga menjadi tidak terawat. " Sekiranya dermaga di fungsikan, maka beban arus lalu lintas di jembatan juga bisa tertolong dan akan menjadi sarana transportasi alternatif bila jembatan sedang di perbaiki, " ungkapnya (jum'at, 26/6/2020) pada saat di temui wartawan usai melewati jembatan itu.

Ia juga sangat mengkhawatirkan keselamatan para pelintas karena arus lalu lintas semakin hari kian padat terutama pelintas yang membawa barang - barang dagangan berkapasitas besar kerap melewati jembatan penghubung tersebut. Sementara saat ini kondisi lantai dan tiang jembatan kian parah karena perawatan yang di lakukan tidak menyeluruh.

Perawatan untuk jembatan hanya pada lantai, pagar dan galangnya saja. Untuk tiang jembatan belum tersentuh perawatan sama sekali. Pernah dilakukan, itupun atas inisiatif warga setempat, "  terangnya.

Oleh karena itu ia berharap supaya pihak pemkab Sekadau dapat mengupayakan sarana alternatif penghubung ke ibukota Kecamatan Belitang supaya Desa Belitang Satu dapat di lewati oleh kendaraan roda 4 keatas dan pasar Belitang menjadi kembali bersinar dengan aktifitas perdagangan dan jasa.

"Dengan adanya sarana penyeberangan, Desa Belitang Satu akan menjadi penopang kemajuan pasar Belitang yang kini mulai meredup. Hal ini di perparah dengan sarana transportasi yang tidak lengkap menyeluruh. Ada tapi hanya dermaganya saja, bila di tambah dengan keberadaan ponton dan kapal pendorong, maka warga dari desa lain bisa berbelanja ke pasar Belitang menggunakan kendaraan roda 4 untuk membawa barang dagangannya," terangnya.

Di katakan bahwa banyak para pengusaha dari desa lain kabupaten seperti dari Kabupaten Sintang yang melewati desanya hanya pakai sepeda motor untuk membawa barang - barang belanjaannya dari pasar Belitang. Hal ini di karenakan kondisi jembatan hanya bisa di lewati oleh kendaraan roda 2 saja.

"Bila dermaga sudah ada, maka kiranya di tambah pula dengan pengadaan kapal motor pendorong dan ponton untuk sarana penghubung arus transportasi sungai, maka laju pertumbuhan sektor perdagangan akan kian pesat, karena kendaraan roda 4 dapat langsung ke pasar Belitang" pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Camat Belitang  Hermansyah, SE mengatakan bahwa pihaknya telah melihat langsung kondisi jembatan dan dermaga Belitang.

"Memang benar bahwa jembatan Belitang perlu perbaikan menyeluruh dan kebutuhan  sarana transportasi penyebarangan juga harus ada agar tidak ada kendala bagi pelintas yang membawa kendaraan roda 4 dan merupakan jalur alternatif penyeberangan sungai." 

Solusinya bisa juga dengan membawa ponton dari seberang kapuas yang milik pemprov Kalbar supaya Desa Belitang Satu dapat menopang keberadaan aktifitas perekonomian di ibukota Kecamatan Belitang, " sarannya memberi solusi.*


Rep: Muhammad Sandi
Red: JA

TerPopuler

close