Gelar Sosialisasi Bersama Damkar Kabupaten Bogor, Ketua Karang Taruna: Ini Untuk Kebaikan Warga. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gelar Sosialisasi Bersama Damkar Kabupaten Bogor, Ketua Karang Taruna: Ini Untuk Kebaikan Warga.

, 6/21/2020 08:02:00 PM
Personil Dinas Damkar Kabupaten Bogor Bersama Warga Dan Pengurus Karang Taruna RW 04.
Vnn.co.id, Kabupaten Bogor
- Karang Taruna Sub Unit RW. 004 Desa. Gandoang, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor melaksanakan giat Sosialisasi Bahaya Dini Kebakaran.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor dalam hal ini Sektor Cileungsi digelar pada Minggu, (21/06/2020) pagi hingga siang hari di dua tempat.

Pagi hari kegiatan berlangsung di RT. 002/004 tepatnya di Lapangan Badminton dan selepas Dzuhur kegiatan berpindah ke RT. 001/004 berlokasi di halaman rumah Kepala Dusun (Kadus) Daud.

Kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung guna meminimalisir angka kematian dan mengurangi resiko bencana kebakaran ini di ikuti oleh sejumlah Ketua RT, IPSM Desa Gandoang, Babinsa, Bimaspol dan seluruh pengurus Karang Taruna serta masyarakat Desa Gandoang. 
Simulasi Kebakaran.
2 orang Instruktur yang mewakili Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor diantaranya Kahfi dari Kepala Regu 2 dan Hamdani dari Kepala Regu 1. Keduanya memberikan pemahaman seputar simulasi penanganan kebakaran yang berasal dari kebocoran tabung kompor gas dan cara efektif pemadaman api dengan metode sederhana seperti menggunakan karung goni atau kain yang dibasahi terlebih dahulu.

Kahfi menjelaskan bahwa tugas dan tanggung jawab pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan api, tetapi juga mengevakuasi binatang buas, seperti sarang tawon, ular dan binatang lainnya.

”Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dengan api, cek ulang rumah yang aliran listriknya tidak layak lagi digunakan. Bila terjadi kebakaran diminta segera menghubungi Pemadam Kebakaran" Pungkas Kahfi.

Ditempat terpisah, Latief selaku Ketua Karang Taruna Desa Gandoang berharap ini merupakan langkah awal dan kedepan akan dilakukan pelatihan atau sosialisasi sejenis untuk meningkatkan wawasan dan warga lebih edukatif.

"Ini kan untuk kebaikan warga, kalau warga faham penanggulangan bencana, seperti kebakaran, banjir atau gempa bumi tentunya meminimalisir angka kematian yang terjadi" Jelas Latief. 

Latief juga berterima kasih kepada Karang Taruna yang semakin peduli kepada lingkungan. 
"Sukses terus Karang Taruna di Desa Gandoang dan bisa bersinergi dengan semua pihak" Tutupnya. 

Jurnalis: IP
Editor: IP

TerPopuler

close