Kegiatan Gugus Tugas Covid 19 di Wilayah Rw.15 Desa Wanajaya Cibitung Bekasi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kegiatan Gugus Tugas Covid 19 di Wilayah Rw.15 Desa Wanajaya Cibitung Bekasi

, 5/14/2020 04:28:00 PM
Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Sejak pluit ditiupkan tanda PSBB diberlakukan oleh pemerintah Kabupaten  Bekasi melalui Perbup 37-2020 yang kemudian kebijakan ini wajib dilaksanakan oleh Dinas SKPD,  Camat, Lurah, Kades, sampai tingkat RW, yang tergabung dalam tim GUGUS TUGAS  Satgas Covid 19 Kabipaten Bekasi.

Semangat ini lah yang kemudian diterjemahkan oleh Triyono Ketua Rw.15 Pesona Gading 1 cibitung untuk kemudian membuat langkah langkah antisipasi

Dimulai dengan pembentukan tim satgas Covid 19 di wilayah ke RW annya dengan nama Gugus tugas percepatan penanganan covid 19 RW 015, dengan susunan
Ketua : 
Triyono ( Rw 015 )
Sekretaris : 
Aris Setiawan ( Rt 08 )
Bendahara : 
Yaya Setiawan ( Rt 06 )
Kesehatan : 
Bidan Lisma ( puskesmas )
Koordinator Lapangan : Muniam Widoso ( Rt 05 )
Pelayanan Masyarakat : 
1. Hendra Somantri ( Rt 01 )
2. Sigit B Prasetyo ( Rt 04 )
3. Iwan Sumantri ( Rt 07 )
4. Sukma Prakasa ( Rt 02 )
5. Lalus Hardiyanto ( Rt 04 )
Data & Informasi :
Ketua RT 01 sd RT 09.

Triyono mengatakan, "terkait Protap dan protokoler PSBB saya sebagai ketua Rw dan ketua satgas covid 19 di Rw.15, hanya menjalankan surat edaran dari pemdes wanajaya, yang sipatnya himbauan ataupun pelarangan kegiatan saat pemberlakuan PSBB, kemudian kami sampaikan lagi ke warga".

"Adapun kegiatan rutin sehari-harinya lebih kami fokuskan pada  Rapid tes warga atau tamu yang masuk kewilayah kami, kami check suhu badan, kemudian pada penjagaan dan pembatasan akses masuk ke wilayah Rw.15 dengan sistem one gate dengan titik pemeriksaan di Pos keamanan, yaitu Ojek online, paket, delivery order, pemulung, pedagang keliling (kecuali tukang sayur) dilarang masuk, dan ditahan di pos, pihak pemesan yang mengambil sendiri," ucapnya. 

"Tamu dari luar wilayah, dikonfirmasi di pos keamanan dan dikordinasikan dengan pihak tuan rumah," sambung Triyono.

System jaga yang sudah berjalan:
Shift 1 jam 6-12
Shift 2 jam 12-18
Shift 3 jam 18-23

"Dengan diperpanjangnya PSBB Kabupaten Bekasi sampai tanggal 19 Mei menambah kerja panjang yang harus kami pikirkan dan siapkan, apalagi saat ini mendekati lebaran," katanya. 

Banyak hal positif dengan adanya sistem onegate tutur  Troyono,  Alhamdulillah sampai saat ini RW 15 masih aman dari wabah virus covid-19 dan aman juga dari tindakan kriminal.

Karena setiap hari  menempatkan relawan wajib tiap RT minimal 2 orang untuk jaga.

Ketika awak media bertanya tentang anggaran kegiatan one gate security checking ini , Triyono menjelaskan bahwa segala kegiatan yang menyangkut kemaslahatan warga.

"Yang penting harus jalan dulu apalagi ini terkait pandemi, kita harus gerak cepat, selagi RW masih punya kas, kita bisa jalan, dan saya juga dibantu oleh para ketua Rt," pungkas Triyono sambil tersenyum.


Rep: Johnsony
Red: RMD

TerPopuler

close