421 KK Siap Mendapatkan BLT Dana Desa Karang Mukti, Ini Penjelasan Kades -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

421 KK Siap Mendapatkan BLT Dana Desa Karang Mukti, Ini Penjelasan Kades

, 4/26/2020 09:28:00 PM
Rapat Musdes Dana Desa Karang Mukti


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Sesuai Intruksi Pemerintah Republik Indonesia Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Pemerintah Desa Karang Mukti Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Jawa Barat, akan mengalokasikan Anggaran Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 untuk 421 Kepala Keluarga (KK).

"Kita alokasikan 35 persen Dana Desa Karang Mukti untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Warga", ucap Kepala Desa Karang Mukti, Sumardi kepada vnn.co.id, usai membuka acara Penyemprotan Disinfektan kelima kali di Wilayahnya, Kamis (23/04/2020).

Semuanya berjumlah sekitar Rp. 757.800.000, Dana itu akan diberikan kepada 421 Kepala Keluarga (KK) yang ekonominya terdampak akibat pandemi Covid-19.


Untuk rinciannya Setiap penerima atau setiap Kepala Keluarga akan mendapatkan BLT sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) setiap bulannya selama tiga bulan berturut-turut, Mulai Bulan April, Mei dan Juni.

"Jadi total BLT Dana Desa yang akan diberikan kepada penerima selama tiga bulan berjumlah Rp 1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) per Kepala Keluarga",jelasnya

BLT Dana Desa untuk 421 KK dari 35% Dana Desa Karang Mukti, Karena sudah Intruksi dari Pemerintah Pusat.

Untuk Teknisnya bagi penerima BLT itu Non Tunai. Jadi nanti Bank Jabar atau BJB yang akan menyalurkan melalui rekening masing-masing warga penerima BLT.

Kemudian Kata Sumardi, Semua sudah kami paparkan Anggaran Dana Desa melalui Proyektor dihadapan Para Tokoh, BPD, Bimaspol, Karang Taruna dan LPM terkait Anggaran Dana Desa untuk BLT dan Penanggulangan Covid-19 pada hari Kamis, 17 April 2020.

"Agar sama-sama memberikan pemahaman kepada Masyarakat yang lain agar tidak terjadinya kecemburuan sosial, karena semuanya sudah ada aturan dan kriterianya",ungkap Sumardi.

Untuk penerima BLT sendiri yang tidak menerima Bantuan sosial dari manapun, seperti PKH, BPNT, Bantuan Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi. Jadi tidak tumpang tindih bantuan dan semoga Masyarakat bisa mengerti.

Untuk datanya, sudah diverifikasi semua agar jangan tumpang tindih/double Bantuan. Semua data hasil kerjasama dengan BPD, selaku penjaring aspirasi masyarakat

"Saya atas nama Pemerintah Desa Karang Mukti sangat apresiasi kepada BPD yang tidak henti henti dan tak kenal Lelah bersama Pemdes baik secara tenaga maupun pikiran ", ujar Sumardi.


Kemudian Sumardi menjelaskan, untuk Desa Karang Mukti berdasarkan data yang ada, untuk PKH dan BPNT sebanyak 1.130 KK, Bantuan Provinsi 49 KK, BLT Dana Desa 421 KK, KKS 258 KK dan Untuk Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi belum diketahui berapa Jumlah KK yang akan mendapatkan.

"Jadi, jika digabungkan total bantuan akan di terima sebanyak 1.958 KK. Sisanya yang belum terdata menunggu dari Bantuan Kabupaten Bekasi sebanyak 1.072 KK", jelasnya

Semoga sisa dari 1.072 Kepala Keluarga ini bisa mendapatkan dan terakomodir melalui Bantuan Pemerintah Kabupaten Bekasi.harapnya.

Ia Berharap apa yang diberikan Pemerintah bisa bermanfaat untuk Warga dan meringankan Beban ekonomi. Semoga pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini cepat berakhir agar kita semua dapat menjalanlan aktivitas seperti biasanya.




Rep : Ahim
Red : RMD

TerPopuler

close