Akhirnya, 24 Orang Diduga Terjangkit Virus Corona Di Indonesia. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta Utara. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Akhirnya, 24 Orang Diduga Terjangkit Virus Corona Di Indonesia. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta Utara.

, 3/01/2020 07:47:00 AM
Petugas keamanan berjaga di depan ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020. RSPI itu menyiapkan 11 kamar ruang isolasi ketat untuk mengantisipasi pasien 'suspect' virus corona. Sementara itu, Kementerian Kesehatan menunjuk sedikitnya 100 rumah sakit se-Indonesia untuk siaga terhadap penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu. ANTARA
Vnn.co.id, Jakarta - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara telah merawat 24 pasien diduga terinfeksi virus corona (COVID-19). Direktur Utama RSPI Mohammad Syahril mengatakan, 21 di antaranya dinyatakan negatif corona. Mereka adalah pasien rujukan dari rumah sakit swasta di Jakarta.

Dilansir dari Tempo.co
"Jadi kami sampai saat ini total sudah 24 orang, 21 sudah dipulangkan dan hasilnya negatif. Yang 3 masih dirawat lagi menunggu hasil pemeriksaan," kata Syahril saat dihubungi media, Jumat, 28 Februari 2020.

Menurut Syaril, 24 pasien itu mengalami gejala terinfeksi corona. Gejala itu, seperti demam tinggi, batuk, pilek, hingga beberapa orang sesak napas. Salah satu syarat harus diisolasi bahwa pasien pernah berkunjung ke negara wabah corona setidaknya 14 hari sebelum gejala muncul. Misalnya, baru saja pulang dari Cina, Singapura, atau Thailand.

Syahril menjelaskan ketiga pasien masih dalam tahap pemeriksaan. Mereka harus menjalani dua kali pemeriksaan laboratorium. Dokter RSPI Sulianti Saroso terlebih dulu mengambil sampel dari pasien.

Sampel itu kemudian dikirimkan ke bagian penelitian dan pengembangan alias litbang kesehatan yang ada di Jakarta.

Pemeriksaan pertama terdiri dari empat uji lab, yakni mengecek hapusan tenggorokan, hidung, dahak, dan serum darah. Sementara pemeriksaan kedua menguji aspek yang sama tanpa serum darah.

"Sudah ada hasil pertama negatif, tinggal tunggu yang kedua," ucap Syahril. "Kalau begitu hasilnya negatif kemudian keadaannya baik, tidak batuk dan demam lagi, dipulangkan, sehat dia."

Sebelumnya, hingga 29 Januari 2020, ada dua pasien diduga terinfeksi virus corona yang diisolasi di RSPI. Hasil pemeriksaan keduanya menunjukkan negatif terkena virus yang berasal dari Cina itu.

Source: Tempo.co

TerPopuler

close