Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Meninjau UPTD Perbenihan Ikan Di Cipayung Cikarang Timur -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Meninjau UPTD Perbenihan Ikan Di Cipayung Cikarang Timur

, 1/24/2020 04:33:00 PM
Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Melakukan Kunjungan Kerja Ke UPTD Pembenihan Ikan di Desa Cipayung, Cikarang Timur


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi melakukan Kunjungan kerja ke UPTD Perbenihan Ikan, di Kp Buniherang Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Kamis (23/01/2020).

Kunjungan Kerja tersebut dihadiri seluruh Anggota Komisi II, Kadin Perikanan Agus Trihono, Camat Cikarang Timur Ani Gustini, Sekcam Cikarang Timur Rismanto, Kepala UPTD Perbenihan Ikan Ida Mulyani beserta jajarannya.

Untuk mendukung UPTD Perbenihan Ikan, Pemerintah Pusat menyediakan DAK sampai puluhan miliar setiap tahun-nya ke setiap daerah. Namun Kabupaten Bekasi belum dapat mengambil manfaat tersebut sampai dengan saat ini.

"Dikarenakan ada pra syarat yang harus dipenuhi, yaitu berdasarkan Keputusan Dirjen Perikanan Budidaya Nomor 1106/2006, ditetapkan Luas BBI (balai benih ikan) adalah minimal 2 Hektar". Ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno.

"Saat ini, Kondisi Balai Benih Ikan di Cipayung, Kabupaten Bekasi, luasnya baru 1 Hektar. Maka masih dibutuhkan perluasan lahan sekurang-kurangnya 1 Ha lagi". Terang Nyumarno.


Politisi PDI Perjuangan itu juga mengatakan, Kita bersama-sama akan perjuangkan, agar Pemkab Bekasi melalui Dinas DPRKPP agar melakukan pengadaan lahan kekurangan BBI Kabupaten dimaksud. Agar kita bisa mengakses DAK dari Pemerintah Pusat untuk UPTD Perbenihan Ikan, yang mana dapat bermanfaat kepada peternak ikan, demi menjaga kestabilan harga ikan dan ketahanan perikanan darat khususnya di Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut Nyumarno menjelaskan, Jenis Ikan yang saat ini ada di UPTD Perbenihan Ikan di Cipayung, Cikarang Timur adalah Benih Ikan Patin, Nila , Gurameh, dan Lele. Saat ini dalam pendistribusian benih ikan, pola yang dikembangkan oleh UPTD Perbenihan Ikan ada dua pola distribusi, yaitu:

1. pola distribusi bantuan gratis melalui proposal dan aturan berlaku.
2.melalui transaksi jual beli langsung ke BBI (dimana menjadi PAD dari Dinas Perikanan ke Pemkab Bekasi).

Balai Perbenihan Ikan di Cipayung Cikarang Timur ini juga mempunyai plasma atau mitra kerja pembenihan, yang mana disebut di sebut UPR (Unit Pembenihan Rakyat).

"Dimana kegiatannya membantu mengelola dan merawat indukan ikan sebagai calon bibit ikan unggul. Kelompok UPR ini memang menjadi standard pemerintah dalam pengelolaan dan pengeluarannya, dalam konteks bertujuan agar benih yang keluar mutunya bisa dijamin",jelas Nyumarno.




Rep : Ahim
Red : RMD

TerPopuler

close